Lurah OKH Minta Warga Tingkatkan Kesadaran Kebersihan

Kamis, 26 Februari 2015 - 01:51:20


Pelantikan Ketua TP PKK Kelurahan OKH dan Kecamatan Pasar.
Pelantikan Ketua TP PKK Kelurahan OKH dan Kecamatan Pasar. /

RADARJAMBI.CO.ID, ORANG KAYO HITAM,- Lurah Orang Kayo Hitam (OKH), Andrian Pratama, baru saja menjabat Kepala Kelurahan OKH, mengantikan Lurah lama, M Idris. Kelurahan OKH ini merupakan pusat kegiatan ekonomi yang terdapat banyak aktivitas pasar. Tentu yang perlu ditekankan adalah kebersihan lingkungan. Untuk itu, perlu sekali, bekersama sama dengan masyarakat dan semua Ketua RT di setiap Kelurahan OKH ini.

Andrian Pratama, berharap kesadaran warganya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya di musih hujan ini.

“Karena jika musim hujan, biasanya sampah semakin bertambah. Apalagi, ini kawasan pusat ekonomi. Saya kembalikan kepada kesadaran warga supaya tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Andrian, saat ditemui Jambi Star, Rabu (25/2).

Dalam menjaga kebersihan di lingkungan Kelurahan OKH, ia mengaku akan selalu berkoordinasi dengan RT untuk untuk menyusun jadwal, untuk melaksanakan gotong royong, dan beberapa hari ini, aktif melakukan gotong royong dengan warga setiap seminggu sekali.

“Kesadaran untuk membuang sampah itu, memang harus ditingkatkan kembali, dari peran serta masyarakat terhadap masalah sampah, sehingga lingkungan tetap bersih,” ucapnya.

Karena aktivitas warga yang membuang sampah tampak semakin hari semakin meningkat, hal itu, tambahnya, selain bertambahnya jumlah penduduk, daya konsumtif warga OKH juga meningkat.

“Daya konsumtif warga meningkat, sehingga aktivitas membuang sampah meningkat,” tambahnya.

Sementara secara keseluruhan, kondisi kebersihan di lingkungan OKH, diakuinya masih dikategorikan sedang. Dalam hal ini, perlu ditingkat lagi kesadaran warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Saat ini saya akan meningatkan pengelolaan Bank sampah, dengan memilah-milah sampah yang ada lingkungan OKH, dan saya meminta warga apa lagi di Pasar jangan sampai membuang sampah di drainase, buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan," harapnya. (cr9)