Heboh, Asap Tebal Muncul dari Tanah

Jumat, 27 Februari 2015 - 21:25:11


Warga Kayu Aro di hebohkan munculnya asap dari tanah.
Warga Kayu Aro di hebohkan munculnya asap dari tanah. /

RADARJAMBI.CO.ID, KERINCI - Warga Desa Patok Empat, Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci dihebohkan dengan asap yang muncul dari tanah.

Informasi yang diperoleh, munculnya asap dari dalam tanah tersebut, sudah berlangsung sekitar 4 sampai 5 hari yang lalu, bahkan hingga saat ini, asap tersebut masih ada dan belum hilang, sontak peristiwa ini menjadi tontonan warga.

Salah seorang warga Kayu Aro, Anto mengatakan, saat dirinya melihat langsung ke lokasi memang terlihat ada asap yang muncul dari tanah di dekat lubang bekas tanaman teh yang sudah dicabut, menurutnya asap yang muncul itu cukup jelas.

"Ya, saat saya melihat langsung ke lokasi, asap itu keluar dari tanah, banyak sekali warga datang melihat,"kata dia.

Kata dia, asap yang muncul tidak hanya di satu titik namun ada beberapa titik lainnya disekitar lokasi tersebut, bahkan tanah yang mengeluarkan asap juga terlihat retak dan retaknya cukup lumayan panjang.

"ada sekitar 10 lubang yang mengeluarkan asap, tanah tempat keluarnya asap juga retak,"sebut dia
Ia menambahkan, asap yang muncul dari tanah tersebut sangat jelas terlihat apalagi bila cuaca sudah gelap.

"kalau malam hari asap itu, terlihat cukup tebal,"ujarnya.

Camat Kayu Aro Barat, Agus Bagiyono juga membenarkan munculnya asap berbentuk gas dari tanah disekitar perkebunan teh di Desa Patok Empat Kecamatan Kayu Aro Barat.

"Ya, memang ada asap yang keluar dari tanah di desa Patok 4 disekitar perkebunan teh,  masyarakat banyak yang berdatangan kelokasi, untuk melihat,"kata camat dihubungi, kemarin.

Ia mengatakan, Asap yang timbul dari tanah itu, sudah berlangsung sejak beberapa hari belakangan ini bahkan hingga sekarang asap itu juga belum hilang, menurutnya asap yang keluar dari tanah tersebut sepertinya tidak membahayakan karena baunya tidak menyengat.

"kejadian ini sudah berlangsung sekitar 4 atau 5 hari yang lalu, hingga sekarang asap itu masih muncul dan terlihat jelas apabila di malam hari, bau asapnya tidak menyengat sama seperti asap biasa,"kata camat.

Tanah tempat keluarnya asap, kata dia, memang nampak retak,"tanah disekitar munculnya asap juga terlihat retak,"sebutnya.

Terkait dengan kejadian munculnya asap dari dalam tanah itu, pihaknya sudah menghubungi dinas terkait untuk melihat ke lokasi dan melakukan pengecekan terhadap asap yang muncul tersebut.

"Kemarin (kamis 26/2) sekitar pukul 12.00 WIB, Dinas ESDM Kerinci sudah mengecek, namun kita belum tau hasilnya apa,"tukasnya.


Reporter : Sony
Redaktur : Gustav