Selasa, Calon Panwaslu Tes Urine dan Kejiwaan

Jumat, 06 Maret 2015 - 13:08:27


Bawaslu Provinsi Jambi telah mengumuman tiga nama hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota panwaslu kabupaten/kota.
Bawaslu Provinsi Jambi telah mengumuman tiga nama hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota panwaslu kabupaten/kota. /

Separuh Incumbent Terpilih Kembali

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi telah mengumuman tiga nama hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota panwaslu kabupaten/kota. Namun tiga nama ini belum permanen dan masih berpeluang untuk diganti.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi mengatakan, pihaknya telah menetapkan tiga nama calon Panitia Pengawas Pemilu (Capanwaslu), pengumuman hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota panwaslu kabupaten/kota Nomor 87/Bawaslu-Jbi/III/2015.

"Dalam rangka melaksanakan UU Nomor 15 tahun 2011, tentang penyelenggara pemilihan umum, setelah melakukan penilaian uji kelayakan dan kepatutan maka kita sudah menetapkan tiga nama," sebutnya saat ditemui kemarin.

Dikatakan Asnawi, setelah menetapkan tiga nama calon Panitia Pengawas Pemilu (Capanwaslu) kabupaten/kota pihaknya masih menunggu tanggapan dan masukan partisipasi masyarakat terhadap tiga nama ini.

"Jadi tiga nama yang sudah ditetapkan posisinya masih belum aman, masih berpeluang digeser, karena kita akan melakukan tes kejiwaan dan Narkoba," katanya.

Lanjutnya, bagi peserta yang lulus harus melengkapi hasil tes kejiwaan dan Narkoba di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi serta melampirkan surat keterangan dari pengadilan (bagi yang belum melengkapi). Khusus untuk tes kejiwaan dan Narkoba waktu pelaksanaannya pada 10 Maret.

"Tes kejiwaan dan Narkoba ini akan dilakukan serentak pada hari itu bagi setiap peserta yang telah lulus. Dan diberi waktu untuk melengkapi berkas yang kurang paling lambat 16 Maret," jelasnya.

Asnawi menjelaskan, tes Narkoba ini dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi bahwa setiap personil Panwaslu tidak terlibat Narkoba, hal ini berdasarkan masukan dari masyarakat karena dulunya disinyalir ada anggota Panwaslu yang terlibat Narkoba.

"Kita kan tidak tau, untuk itu harus kita antisipasi dari awal, jika terbukti hasil tesnya langsung akan kita ganti," tegas Asnawi.

Pasca diumumkan tiga nama hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota panwaslu kabupaten/kota, menariknya hampir separuh incumbent terpilih kembali.

Diantara incumbent yang terpilih kembali seperti Kota Jambi, Adi Susanto, Batanghari, Mustra, Tanjabtim, Nurdin dan Rudi Hartono, Tanjabbar, A Syibli, Sarolangun, Haidir Fitra dan Zulfairi, Tebo, Masri dan Yuli Astuti, Bungo, Kristian Edi Chandra dan M Tamrin. Sementara Merangin ada A Mukti dan Hayatul Mughiroh, Kerinci, Asra Haliman dan Livia Sekmon, dan Sungaipenuh, Arifman dan Toni Indrayadi, menariknya untuk Muarojambi tanpa diisi incumbent sama sekali.

Sementara incumbent yang tidak terpilih ada Maroli, Kota Jambi, Tanjabar, Erwantoni, Tanjabtim, Syahroni, Muarojambi Noveria Muharlinda dan Nurdianto, Sarolangun, Ibnu Abbas. Bungo M Amin. (zou)