Cabup Batanghari Pemilihan Raya PKS, M Amin dan Syahirsah Peringkat Pertama

Senin, 09 Maret 2015 - 13:02:43


Menyongsong Pilkada serentak di sejumlah kabupaten kota dan Provinsi Jambi, PKS Gelar Pemira sebagai ajang mencari calon kandidat kepala daerah yang akan diusung.
Menyongsong Pilkada serentak di sejumlah kabupaten kota dan Provinsi Jambi, PKS Gelar Pemira sebagai ajang mencari calon kandidat kepala daerah yang akan diusung. /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI - Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilbup) Kabupaten Batanghari yang akan dilaksanakan Desember  2015 ini,  DPD PKS Batanghari membentuk tim 5 yang diketuai oleh Muhammad Muslim,  untuk menjaring bakal calon yang akan diusung. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua DPD PKS Batanghari H. Muhammad Amin, MA saat dihubungi via ponselnya kemarin.

"Hari ini, Minggu (08/3) tim 5 DPD PKS Batanghari gelar  Pemira (Pemilihan Raya) internal kader, pendukung, dan simpatisan PKS Batanghari," sebutnya.

Dikatakan Amin, tim yang beranggotakan lima orang tersebut menurut M Amin bahkan sudah mulai bekerja sejak ditetapkannya pada rapat pengurus Selasa (27/1) lalu.

"Jadi tim telah mulai menjaring bakal calon dari internal maupun eksternal partai" jelas M. Amin yang mengaku telah dihubungi oleh beberapa bakal calon.

Seperti diberitakan sebelumnya PKS Batanghari sedang mempersiapkan kadernya untuk maju di Pilbup Batanghari periode 2016-2021. M. Amin menegaskan bahwa komunikasi dengan bakal calon lain dari luar partai masih terus dilakukan untuk menentukan calon yang akan diusung.

"Kami membuka diri dengan calon lain dari luar PKS," lanjut H. Muhammad Amin, MA yang juga terpilih kembali sebagai Anggota DPRD Batang Hari periode 2014 – 2019. Untuk menjaring bakal calon tim 5 akan mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Selain itu Tim 5 juga akan mendengarkan aspirasi dari kader, pendukung, dan simpatisan PKS melalui mekanisme internal dan juga menjalin komunikasi dengan bakal calon yang ada baik melalui komunikasi individu bakal calon maupun tim suksesnya.

M Amin sangat optimis PKS Batanghari akan mampu bersaing dalam Pilbup mendatang.

Adapun hasil Pemira internal PKS yang dilaksanakan pada hari Minggu (08/3) adalah sebagai berikut: Urutan nama-nama Bakal Calon Bupati dari Internal PKS adalah ; H. Muhammad Amin, MA, Arrakhmat Eka Putra, SE, Jon Kennedy, S.Ag, MPd, MH, Syahrudi, Muhammad Muslim, S.Pd, Sarbani, S.Pd.I, dan Purwanto.

Sementara itu, urutan nama-nama Bakal Calon Bupati dari Eksternal PKS adalah ; Ir. Syahirsah SY, Sinwan, SH, Sofia Fattah, SE, Drs. H. Ali Redo, H. Arzanil, H. Ardian Faisal, SE, MSi, Camelia Puji Astuti, Paas Ismail, Drs. H. Pathuddin Abdi, SM.HK, MM, Zarkasih, SKM, dan Maliki.

Selanjutnya M. Amin juga menjelaskan bahwa terhadap hasil Pemira internal DPD PKS Batanghari yang telah dilaksanakan ini, akan disampaikan ke tingkat DPW PKS Provinsi Jambi.

Terpisah, Sekretaris DPW PKS, Provinsi Jambi, Supriyanto mengatakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyiapkan kader internal partai untuk diusung di empat kabupaten yang mengikuti Pilkada serentak 2015 mendatang.

Karena itu, PKS  menjaring aspirasi kader tingkat bawah guna menentukan siapa kader yang akan diusung di Pilkada tersebut.

Empat kader terbaik partai telah disiapkan untuk diusung di Pilkada empat kabupaten, yakni untuk di Kabupaten Batanghari yang mempunyai 3 kursi, Tanjabbar 2 kursi, Bungo 3 kursi, dan Kota Sungaipenuh 2 kursi.

Menurutnya, selama ini partainya selalu memberikan dukungan kepada kandidat tertentu. Belajar dari pengalaman, untuk Pilkada mendatang sebetulnya partainya banyak mempunyai kader yang berpotensi untuk menang.

Ditanya siapa saja kader yang disiapkan tersebut, anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi ini enggan membeberkan nama-nama kader yang dimaksud.

Ia mengatakan, Minggu (8/3) nama-nama tersebut baru terjaring melalui hasil pemungutan suara yang dilakukan di tiap-tiap empat kabupaten itu.

"Mekanisme penjaringannya, sengaja kita buat TPS-TPS. Yang milih semua kader dan simpatisan. Hal ini dilakukan dalam rangka menampung semua aspirasi kader yang ada dilapisan bawah," jelasnya.

Hasil penjaringan tersebut kata dia, satu nama sudah dikirim ke DPW hari ini. Selanjutnya, soal bagaimana cara memenangkan kader yang diusung tergantung komunikasi dengan partai lain.

"Hari ini, satu nama sudah dikirim ke DPW. Langkah selanjutnya tergantung komunikasi politik dengan partai lain. Entah sebagai bupati atau wakil bupati. Selama ini kita diakui punya andil besar memenangkan calon. Kenapa kita tidak mengusung kader sendiri saja," katanya optimis.

Dari empat kabupaten yang menggelar Pilkada, untuk Kota §ungaipenuh, kata Suprianto, PKS tetap mengusung kader internal untuk menjadi orang nomor satu di Bumi Sahalun Suhak Salatuh Bdei.

"Untuk Kota Sungaipenuh kita dukung pak Ardinal Salim jadi orang nomor satu disana. Karena ia salah satu kader kita yang berpotensi untuk menang," pungkasnya.  (zou)