HBA: Program Bedrum Jangan Ada Lagi Isu Ketimpangan di Tengah Masyarakat

Senin, 16 Maret 2015 - 21:46:28


Gubernur HBA meninjau rumah warga yang akan dibedah di Kabupaten Bungo.
Gubernur HBA meninjau rumah warga yang akan dibedah di Kabupaten Bungo. /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI -Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA), mengatakan bahwa salah satu prioritasnya dalam memimpin Jambi adalah membangun rumah layak huni untuk masyarakat Jambi yang kurang mampu.

Menurutnya, salah satu kesan bahwa provinsi itu terbilang maju adalah, tidak ada lagi masyarakatnya yang tinggal dirumah yang tidak layak huni.

"Oleh karena itulah, dari awal-awal memimpin Jambi itu, salah satu gagasan yang kita rumuskan adalah bagaimana bisa memberikan rumah yang layak bagi masyarakat kita yang kurang mampu," ujar HBA.

Pembangunan perumahan yang layak huni, juga menurutnya, untuk menghapus isu ketimpangan sosial ditengah masyarakat.

"Dari data awal program ini berjalan dulu, terhitung sudah 27.006 unit rumah warga kurang mampu di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang kita rehabilitasi," katanya.

Dengan rumah-rumah yang layak huni ini, kata HBA, juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

"Misalnya, dengan rumah yang layak dan sertifikat yang mereka miliki, bisa dimanfaatkan untuk meminjam ke bank," sebut HBA.

Untuk diketahui, saat ini sudah direhabilitasi 19.111 unit rumah melalui program Samisake. 507 unit melalui CSR, 23 unit melalui program Bazda dan 7.365 unit melalui program Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

Sedangkan untuk sertifikat gratis, sudah diberikan sebanyak 589 persil. Tahun 2011 sebanyak 144 persil. 167 persil di 2012 . 190 persil di 2013 dan 88 persil di 2014. (flh)