40 PPK dan 186 PPS Kota Jambi Dilantik

Rabu, 03 Juni 2015 - 21:30:22


Penandatanganan SK oleh PPS dan PPK yang baru dilantik.
Penandatanganan SK oleh PPS dan PPK yang baru dilantik. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI - Bertempat di ruang pola Walikota Jambi, kemarin pagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik dan memberikan pembekalan terhadap 40 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 186 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 8 kecamatan dan 62 kelurahan se Kota Jambi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2016 hingga 2021.

Arif Lesmana Yoga, selaku Devisi Sumber Daya Manusia KPU Kota Jambi yang mewakili Ketua KPU Kota Jambi, yang melantik PPK dan PPS tersebut mengatakan, setelah pelantikan pihaknya langsung memberikan pembekalan kepada semua anggota PPK dan PPS.

"Setelah pelantikan, kita lakukan pembekalan mengingat tidak semua PPK dan PPS wajah lama, namun banyak juga wajah baru yang menjadi penyelenggara pemilu," ucap Arif, saat ditemui koran ini usai pelantikan di ruang Pola Kantor Walikota Jambi.

Lanjut Arif, salah satu fokus dari pembekalan bagi PPK dan PPS tersebut yakni mengenai tugas dan tanggung jawab serta kode etik.
"Pembekalan ada tiga narasumber yakni dari KPU Provinsi, KPU Kota dan Panwaslu. Salah satu pembahasan kita yakni pengetahuan mengenai pemilu," terang Arif.

Salah satu pekerjaan awal yang akan dilaksanakan oleh PPK dan PPS, tambah Arif, yakni meminta kepada PPK dan PPS untuk mengadakan pleno untuk pembentukan ketua dan juga Sekretariat dan dirinya berharap dengan dilantiknya dan diberikan pembekalan, PPK dan PPS bisa maksimal, dengan adanya energi baru.

"Dengan umur yang hampir rata-rata baik tua maupun muda, sehingga bisa lebih bersinergi serta dengan energi baru agar bisa maksimal," harap Arif.

Wakil Walikota Jambi H Abdullah Sani, dalam pelantikan PPK dan PPS mengharapkan agar dapat melaksanakan tanggung jawab sebagaimana mestinya serta mampu bekerjasama dengan semua pihak terkait.

"Dengan bekerjasama dan bersinergi pastinya akan dapat terkendali dengan baik dan jangan bergerak sendiri atau tidak adanya koordinasi," ucap Wawako, pada sambutannya.

Selain itu, Wawako juga menghimbau kepada instansi atau dinas terkait terutama para camat agar dapat membantu memperlancar proses dari PPK dan PPS terutama dalam penyajian data kependudukan.

"Bekerjasama yang solid dengan tutup menjunjung tinggi netralitas yang tinggi sehingga berjalan sesuai dengan aturan, rencana, lancar, aman dan kondusif," harap Sani.

Reporter: Hilman
Editor: Gustaf Wiranata