KPU Akan Launching Pemilihan Serentak 2015

Kamis, 04 Juni 2015 - 22:11:39


Komisi Pemilihan Umum provinsi Jambi segera launching pemilihan serentak tahun 2015.
Komisi Pemilihan Umum provinsi Jambi segera launching pemilihan serentak tahun 2015. /

RADARJAMBI.CO.ID,JAMBI - Minggu (7/6), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi akan launching pemilihan serentak tahun 2015. Hal ini dilakukan dalam rangka mensosialisasikan pemilhan gubernur dan wakil gubernur Jambi, empat bupati dan wakil bupati serta satu walikota dan wakil walikota dalam Provinsi Jambi.

Anggota KPU Provinsi Jambi, Desy Arianto, Devisi SDM dan Sosialisasi mengatakan agar pilkada serentak ini bisa mengema dan diketahui oleh semua pihak di provinsi Jambi, KPU merencanakan akan melaksanakan launching pemilihan serentak tahun 2015.

Dikatakan Desy, ada tiga rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan untuk launching ini. Pertama sayembara. Sayembara ini untuk menyembarakan lomba membuat maskot pilkada dan jingle, dan pemenangnya nanti akan digunakan dalam setiap sosialisasi pemilihan langsung serentak ini.

"Nanti akan digunakan dalam setiap proses sosialisasi, baik itu iklan ataupun media sosialisasi lainnya," sebutnya.

Kemudian setelah sayembara, KPU juga merencanakan kegiatan doa bersama yang dilaksanakan hari Sabtu (6/6), dengan mengundang seluruh partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat kemudian kepemudaan, mahasiswa untuk menghadiri kegiatan tersebut, dan juga akan dirangkai dengan kegiatan siraman rohani, dengan diiringi musik hadra, kesenian musik dari arab.

"Intinya agar mendoakan agar pilkada bisa berjalan baik, tidak ada kerusuhan, aman dan tertib serta diterima oleh masyarakat Jambi," jelas mantan Ketua KPU Sarolangun ini.

Pada acara puncaknya, lanjut Desy, ceremonial launchingya akan dilaksanakan pada hari Minggu (7/6), yang bertempat di lapangan kantor gubernur Jambi. Jadi pada acara puncak nanti KPU akan menyampaikan kepada masyarakat bahwa pilkada di Jambi ini, sudah mulai jalan dan silahkan masyarakat berpartisipasi, nantinya agar pilkada ini jangan hanya jadi komoditi parpol atau orang-orang yang punya kepentingan saja.

"Masyarakat harus ikut handil dalam pilkada ini untuk berpartisipasi supaya pilkada kita ini bisa meriah, bisa dinikmati masyarakat. Namanya kan pesta demokrasi, dan harus benar-benar dinikmati oleh masyarakat," katanya.

"Yang jelas intensitas sosialisasi akan lebih tinggi kita lakukan dengan adanya setelah launching ini," sambungnya.

Menurut Desy, untuk pelaksanaan pilkada serentak ini tidak ada permalahan lagi. Dari sisi penyelenggara KPU sudah melantik 11 kabupaten/kota penyelenggara ad hoc, kemudian dari sisi regulasi, KPU sudah punya regulasi mulai dari undang-undang, PKPU serta juklak dan juknis pilkada.

"Termasuk anggaran pun sudah ditransfer ke rekening KPU. Nah artinya tidak ada kendala teknis lagi yang dialami KPU dalam rangka melaksanakan tahapan pemilihan serentak di Provinsi Jambi," pungkasnya.

Editor: Gustav Wiranata