Zumi Zola Jalani Uji Kelayakan di DPP PPP Romi

Kamis, 18 Juni 2015 - 11:20:00


Zumi Zola usai menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPP PPP Romi.
Zumi Zola usai menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPP PPP Romi. /

RADARJAMBI.CO.ID,JAMBI- Ketua Umum DPP PPP, Romahurmuziy saat dikonfirmasi via ponselnya kemarin sore (17/6) mengatakan pada prinsipnya, DPP sudah melakukan penjaringan bagi calon kepala daerah termasuk Jambi sendiri.

Berdasarkan penjaringan untuk pemilihan gubernur Jambi di daerah, Zumi Zola juga telah mendaftar. Zumi Zola sejak melakukan pendaftaran itu juga terus membangun komunikasi yang baik kepada DPP PPP. Dan bahkan, pada saat musyawarah wilayah beliau juga merupakan satu-satunya calon yang hadir untuk provinsi.

"Karena itu kita meneruskan dengan agenda berikutnya yaitu undangan fit and proper test oleh DPP. Karena memang pengusulan Zumi Zola dari hasil Rapimwil DPW Jambi, sudah final dan diajukan kepada kita," jelasnya. "Tinggal nanti DPP yang menetapkan SK nya," sambungnya.

Dikatakan Romi, karena DPP memberikan SK itu, tentu sangat tergantung pada Zumi sendiri. Karena DPP meminta dengan koalisi penyusunan yang memenuhi persyaratan dan juga yang kedua menggandeng calon wakil yang nantinya akan ditetapkan bersama SK DPP.

"Nah dua hal itu yang kemarin yang belum memang secara final karena itu kita masih tunggu sampai pada waktu tertentu beliau melengkapi itu dan selanjutnya Insya Allah tidak ada halangan yang berarti untuk pencalonan Zola," katanya.

"Sekali lagi ini belum merupakan keputusan final karena masih akan kita lihat dan tergantung kepada Zumi Zola sendiri," tukasnya.

Ditambahkan Romi, selain Zumi Zola, calon bupati Bungo, Mashuri juga jalani fit and proper test di DPP. Sedangkan calon bupati dan walikota lainnya, belum ada karena jadwal Rapat Wilayah Daerah (Rapimda) tidak berbarengan, jadi DPP masih menunggu final dari daerah.

Terpisah, Ketua DPW PPP provinsi Jambi, Evi Suherman mengatakan hal senada. Evi mengatakan dirinya sangat berterimakasih atas kehadiran Zumi Zola dan calon bupati Bungo, Mashuri yang sudah bisa hadir pada penjaringan di DPP ini.

"Jadi proses sudah dilalui semua, tinggal lagi menunggu SK, dan SK itu menunggu calon wakil. Insya Allah calon wakil ini sudah bisa ditentukan juga bulan ini, " jelas Evi mengaku tengah berada di Jakarta, kemarin.

Menurut Evi, yang jelas pada saat uji kelayakan dari Zumi Zola sendiri sangat menarik sekali. Pertama beliau jika dipercayakan untuk memimpin Jambi akan merubah birokrasi yang ada saat ini untuk lebih baik. Kedua terkait masalah umat beragama, selanjutnya mengutamakan infrastruktur.

"Komitmen dengan partai beliau siap membesarkan PPP dan itu tertulis," tutupnya.

Sementara itu, Bakal Calon Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli saat dikonfirmasi kemarin malam menjelaskan dirinya telah menghadiri fit and proper test di DPP PPP. Menurutnya, karena ini merupakan proses lanjutan dari pendaftaran dirinya sebagai calon di DPW PAN.

"Alhamdulillah juga dihadiri Sekjen, dan termasuk Korwil Pilkada Jambi dan yang lainnya. Kita banyak mendiskusikan tanya jawab termasuk menjabarkan visi misi saya dan alhamdulillah lancar dan direspon positif juga, dan mudah-mudahan nanti tindaklanjutnya dalam bentuk dukungan dari PPP," jelas Bupati Tanjab Timur ini.

Dikatakan Zola, sama seperti halnya dengan Gerindra pada saat pendaftaran, bahwa melakukan komitmen untuk membangun Provinsi Jambi, dengan visi misi dirinya yang baik untuk masayarakat Jambi, dan ia pikir itu memang sudah seharusnya dan itu saya teken pakta integritasnya.

"Saya pikir PPP salah satu partai terbesar, dan juga pioner, senir yang ingin memberikan dukungan yang jelas tentunya kepada siapa yang membuat komitmen. Saya sampaikan PPP bukan saya minta dukungan sebagai parpol pendukung saja, Insya Allah kalau dipercaya memimpin nantinya kami dan PPP harus bisa menjadi suatu partner saya, dalam membangun Jambi," jelasnya.

Editor: Gustav Wiranata