Industri Rumahan Batik Jambi Zhorif

Kamis, 06 Agustus 2015 - 18:14:37 | dibaca: 1627 kali


/

Oleh: Ali Alatas

Batik Jambi adalah salah satu warisan Nusantara. Keindahan dari Batik Jambi selalu terpancar dari goresan-goresan motif yang melekat pada kain dasar Katun, Semi Sutra, Sutra, dan ATBM.. di tambah lagi dengan pewarnaan alam yang memberi pancaran warna yang membuat Batik Jambi semakin Indah.

Batik Jambi Zhorif merupakan suatu usaha batik Jambi asli yang dibangun seorang pengrajin yang bernama Atiah Muhammad yang telah dirintis sejak tahun 1981 dan berlokasi jalan KH Ibrahim RT 02 Kelurahan Ulu Gedong Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Beliau seorang perempuan yang lahir di sebrang kota Jambi telah berhasil membangun usaha batiknya hingga sekarang. Beliau juga memperkenalkan hasil kerajinan batik jambi kepada orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono. Dengan usaha batik nya beliau juga berhasil menyekolahkan anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi.

Keunikan seni batik Jambi Zhorif terletak pada kesederhanaan bentuk motif dan pewarnaan yang khas, yaitu bentuk motif yang tidak berangkai (ceplok-ceplok) dan berdiri sendiri-sendiri. Pemberian nama pada motif batik Jambi Zhorif, diberikan pada setiap satu bentuk motif, seperti motif Batanghari, motif Angso Duo, motif Durian Pecah, motif Kapal Layar/Sanggat, motif Cepiring dan sebagainya. Jadi bukan diberikan pada suatu rangkaian bentuk dari berbagai unsur atau elemen yang telah di desain sedemikian rupa yang telah menjadi satu kesatuan yang utuh kemudian baru diberi nama.

Pewarnaan batik Jambi Zhorif memiliki dua cara pewarnaan yaitu alami dan kimia. Pewarnaan alami bisa menggunakan bahan dari kayu tinggi, kulit jengkol, kulit mangga, al-pokat dan lain-lain sebagainya. Sedangkan pewarnaan kimia digunakan dengan menggunakan cairan kimia.

Penjualan batik Jambi Zhorif bisa melalui online atau langsung ketempat penjualan. Biasanya harga batik itu sendiri berbeda-beda, misalnya harga satu potong baju dengan model kombinasi batik Rp 200 ribu, sedangkan yang full batik Rp 250 ribu. Batik Jambi Zhorif ini telah mengikuti berbagai macam kontes yang ada di Jambi, dan selalu memenangkan kontes tersebut. Sehingga batik Jambi zhorif ini begitu disukai masyarakat Jambi, maupun yang berada diluar Jambi.

Tidak jadi rahasia lagi bahwa batik Jambi Zhorif ini telah dikenal sampai kemancanegara seperti Australia dan Negara-negara di sekitar Indonesia. Bagi petinggi daerah Jambi hampir semua pernah memakai batik di toko Zhorif ini seperti Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus, Walikota Jambi, H Syarif Fasha, dan petinggi-petinggi lainnya. Batik yang kerap mereka pakai biasanya batik model tulisan. (Penulis adalah Mahasiswa FKIP Bahasa Indonesia, Unja Mendalo)