Bangun Generasi Qurani, Fasha Buka MTQ Tingkat Kecamatan

Kamis, 24 Maret 2016 - 23:59:45 | dibaca: 737 kali


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Memberantas buta aksara Alquran dan membumikan Alquran guna mencetak generasi yang qurani gencar dilakukan Pemerintah Kota Jambi.

Selain memberikan honorarium kepada guru ngaji antara Maghrib dan Isya (PAMI), Imam Rawatib, Dai dan Daiyah, Pemkot juga aktif menggelar berbagai kegiatan keagamaan seperti pelaksanaan MTQ dari tingkat Kota sampai ditingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Walikota Jambi, H Syarif Fasha, dalam sambutannya saat membuka MTQ tingkat Kecamatan Jambi Timur, Rabu (23/3) malam mengatakan, bahwa kegiatan keagamaan seperti MTQ di tingkat Kelurahan dan Kecamatan selaras dengan Visi dan Misi Kota Jambi Bangkit untuk menciptakan generasi yang berakhlak dan berbudaya.

"Perhelatan Musabaqah ini adalah bagian dari misi untuk mencapai visi Kota Jambi dalam menciptakan generasi yang berakhlak dan berbudaya, itulah generasi Qurani," ujarnya.

Ia juga mengatakan, MTQ tersebut selain dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Quran, juga sebagai sarana meningkatkan ukhuwah Islamiyah masyarakat di Kecamatan Jambi Timur.

Kepada sejumlah wartawan, Walikota juga mengatakan MTQ sebagai wahana syiar Islam yang khas di Kota Jambi. Ia juga merasa bangga karena MTQ juga melahirkan semangat sosial keagamaan dan gotong royong umat.

"MTQ juga sebagai upaya menyuguhkan nuansa kehangatan spiritualitas dan pesona budaya keagamaan khas Indonesia termasuk budaya masyarakat kita di Kota Jambi ini. Bagi kita MTQ tidak hanya menjadi cermin kesalihan spiritual, tetapi juga amat kental dengan gambaran aktifitas sosial keagamaan. Hal ini tergambar manakala hampir seluruh komponen umat terlibat dalam kegiatan tersebut secara tulus dan memfungsikannya sebagai wahana syiar Islam dengan aroma budaya lokal yang Islami di Kecamatan Jambi Timur ini," ungkapnya.

Lebih dari itu Fasha juga berharap, penyelenggaraan MTQ dapat membangkitkan gairah dan motivasi yang kuat bagi generasi muda untuk senantiasa memelihara kesucian dan meningkatkan kecintaan kepada kitab suci Al-Quran melalui pembudayaan membaca, menghafal, memahami, serta berupaya mengamalkan isi dan kandungannya dalam kehidupan yang sesungguhnya baik sebagai individu maupun dalam bermasyarakat.

Secara khusus Fasha juga mengucapkan terima kasih kepada para alim ulama dan guru-guru ngaji di Kecamatan Jambi Timur yang dengan ikhlas dan sabar memberikan bimbingan dan pengajaran Alquran kepada anak-anak baik yang berlangsung di Masjid-masjid, surau-surau, sekolah-sekolah, madrasah, bahkan dirumah-rumah.

"Semoga Allah akan memberikan pahala yang besar serta terus memberikan kebaikan kepada kita semua dan masyarakat Kota Jambi pada umumnya. Dalam sebuah hadist disebutkan orang yang membaca satu huruf Alquran saja akan mendapatkan sepuluh pahala kebaikan, apalagi kalau sebanyak ini yang akan membacakan Alquran, sangat banyak sekali kebaikan yang akan kita dapatkan," ungkap Fasha.

Dihadapan ratusan kafilah dari utusan masing-masing kelurahan, Fasha juga mengingatkan agar mengikuti MTQ ini dengan ikhlas dalam rangka ibadah dan juga ukhuwah. Janganlah hanya semata mengharapkan hadiah atau bonus semata.

"Jadikan kesempatan ini sebagai ibadah mengharap pahala dari Allah SWT, adapun hadiah adalah hanya apresiasi duniawi saja. Kepada pemenang nantinya juga jangan euforia yang berlebihan, tapi berlatihlah terus, bagi yang belum berprestasi bukan berarti tidak mampu tapi mungkin belum saatnya sekarang," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Jambi Timur, Rahmat Sugiarto mengatakan, perhelatan MTQ yang ke 47 ini, diikuti utusan dari 9 Kelurahan se Kecamatan Jambi Timur dengan memperlombakan 11 cabang. Kegiatan ini juga sebagai upaya penyeleksian qori-qoriah terbaik yang akan mewakili Kecamatan Jambi Timur dalam ajang MTQ tingkat Kota Jambi yang akan datang.

Acara pembukaan MTQ yang digelar di masjid Darussalam Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur, dari tanggal 23 hingga 26 Maret tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Sartono, Anggota DPRD Sutiono, Sekretaris Daerah H. Daru Pratomo, Staf Ahli Walikota, Kabag Kesra M. Shaleh Ridha, Kabag Humas dan Protokol Abu Bakar serta para Lurah dan tokoh agama serta tokoh masyarakat se-Kecamatan Jambi Timur. (advertorial)