Staf Ahli Bupati Gorontalo Utara Belajar ke Kota Jambi

Kamis, 16 Juni 2016 - 19:27:50


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Keberhasilan dan prestasi Kota Jambi terus terdengar keseluruh penjuru nusantara dan menjadi rujukan bagi beberapa kota dan kabupaten di Indonesia. Baru saja sepekan yang lalu rombongan Staf Ahli Wali Kota Tanjung Balai Provinsi Sumatera Utara kini giliran delegasi Kabupaten Gorontalo Utara melakukan studi banding ke Kota Jambi.

Kunjungan kerja studi banding rombongan Staf Ahli Bupati Gorontalo Utara tersebut diterima langsung Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha di ruang rapat utama kantor Wali Kota Jambi, Rabu (15/6). Ikut serta hadir dalam penerimaan tersebut Sekretaris Daerah H. Daru Pratomo, Staf Ahli Wali Kota Jambi H. Yan Ismar, Fasaaro Zebua, H. Izhar Muzani, dan H. Iskandar Nasution, Asisten Pemerintahan, Asisten Administrasi Umum serta beberapa Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Kota Jambi.

Delegasi Staf Ahli Bupati Gorontalo yang dipimpin Ir. H. Moli Ahmad Staf Ahli Bupati Gorontalo Utara bidang SDM dan Kemasyarakatan mengatakan kunjungannya ke Pemerintah Kota Jambi guna mendapatkan masukan sekaligus perbandingan terhadap program daerah masing-masing khususnya berkenaan dengan penguatan peran Staf Ahli.

"Kami berkunjung ke Pemerintah Kota Jambi selain bersilaturrahmi juga dalam rangka studi banding program pembangunan khususnya tentang penguatan peran Staf Ahli Wali Kota, mengingat Pemerintah Kota Jambi menjadi percontohan nasional untuk pemberdayaan Staf Ahli," ujarnya.



Ahmad juga mengatakan study banding tersebut dilaksanakan karena saran dari Pemerintah Pusat yang menyatakan Pemerintah Kota Jambi menjadi percontohan nasional, khususnya pada penguatan peran staf ahli.

"Tidak ada kami temukan staf ahli di kota Jambi ini merupakan orang buangan, semua mendapatkan tugas sesuai peran dan fungsinya masing-masing. Makanya ini yang ingin kami adopsi nanti,” tambahnya.

Moli Ahmad juga menyampaikan niatnya untuk mengundang Wali Kota Jambi ke Gorontalo Uatara guna menjadi nara sumber dalam seminar yang akan diselenggarakan oleh perkumpulan Staf Ahli di seluruh Provinsi Gorontalo.  

Sementara itu Wali Kota Syarif Fasha dalam eksposnya banyak menjelaskan tentang peran staf ahli Wali Kota dalam membantu tugasnya sebagai kepala daerah.

Fasha mengatakan penguatan peran atau pemberdayaan Staf Ahli adalah bagian dari penguatan organisasi pemerintah daerah. Ia juga menyadari keterbatasan Kepala Daerah dan perlunya kerjasama termasuk dengan Staf Ahli dalam menghadapi kompleksitas persoalan pemerintahan di daerah.

"Kami tidak bisa berada di banyak tempat dalam waktu yang bersamaan, tidak semua permasalahan bisa kami ketahui solusinya, dan tidak semua kegiatan bisa kami tangani sendiri, tidak setiap saat kami bisa mengawasi para SKPD. Untuk itulah kami sangat membutuhkan peran Staf Ahli untuk semua kegiatan-kegiatan tersebut," tambahnya.



Untuk memaksimalkan tugasnya, Staf Ahli Walikota Jambi juga didukung dengan anggaran kegiatan dalam APBD. Sementara untuk perannya di bidang pengawasan Staff Ahli juga menjalankan fungsi mengawasi kinerja ASN termasuk juga mengawal TAPD dalam mengusulkan KUAPPS. Berkenaan dengan pembinaan kepegawaian, Staf Ahli Walikota Jambi juga dimintai pertimbangannya, termasuk juga dalam hal promosi dan mutasi jabatan.

Lebih lanjut Fasha mengatakan, dalam pemberdayaan dan peningkatan kapasitas Staf Ahli di Kota Jambi tersebut, selain didasarkan pada aturan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah, juga diatur dengan Perda dan Peraturan Walikota Jambi.

Walikota Jambi Syarif Fasha yang sebelumnya pernah dimintai Kemendagri menjadi nara sumber saat Rakor Staf Ahli Bupati/Walikota di Jakarta pada Oktober lalu mengatakan Peraturan Walikota Jambi nomor 40 tahun 2014 tentang Kedudukan, Fungsi dan Tugas serta Tata Kerja Staf Ahli Walikota Jambi ikut diadopsi menjadi bagian bahan kajian dalam materi revisi Permendagri yang baru tentang Staf Ahli.

Kunjungan kerja dalam rangka studi banding Staf Ahli Bupati Gorontalo Utara itu kemudian dilanjutkan dengan tinjauan lapangan (fact finding) di lingkungan Pemerintah Kota Jambi.(advertorial)