5 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Kamis, 14 Juli 2016 - 15:44:09 | dibaca: 669 kali


Ilustrasi.
Ilustrasi. /

SAAT ini, sudah mulai banyak orang yang menyadari pentingnya memiliki berat badan normal. Sebab, berbagai macam penyakit kronis lebih rentan terhadap orang dengan obesitas.

Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga secara teratur sambil mengatur diet harian. Dan yang paling penting adalah tetap mengikuti diet sehat, yaitu tetap memperhatikan kebutuhan tubuh akan nutrisi.

Salah satunya adalah dengan makan buah-buahan. Buah-buahan sangat bagus bagi kesehatan dan juga tetap baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Berikut beberapa buah yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan secara alami, seperti dilansir laman Verywell, Senin (11/7).

1. Apel.

Apel adalah buah favorit umum. Sebuah studi menunjukkan makan tiga apel setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan. Pernyataan itu tidak mengejutkan, karena apel penuh dengan serat, nutrisi yang dikenal untuk meningkatkan perasaan kenyang dan menangkal rasa lapar.

Satu apel mengandung 95 kalori, 0,5 g lemak, sodium 2 mg, karbohidrat 25 g, serat 4.5g, gula 19g dan 0.5g protein.

2. Semangka.

Semangka adalah whammy ganda. Buah ini rendah kalori dengan kandungan air yang tinggi, yang berarti Anda bisa makan semangka dengan kalori kurang dari 100. Perut Anda akan merasa seperti sudah makan lebih banyak, karena buah ini mengandung lebih dari 90 persen air.

Tetap terhidrasi membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Satu cangkir potong dadu semangka mengandung 46 kalori, 0,5 g lemak , natrium 2mg, 11.5g karbohidrat, serat 0,5 g, gula 9.5g, protein 1g.

3. Raspberi.

Raspberry kecil tapi perkasa. Raspberi rendah kalori dan membantu pencernaan. Ketika Anda makan secangkir raspberry, Anda benar-benar hanya mencerna sekitar 32 kalori.

Satu cangkir raspberry mengandung 64 kalori, 0,5 g lemak, sodium 1 mg, karbohidrat 14.5g, serat 8g, gula 5.5g, 1.5g protein.

4. Jeruk bali/Grapefruit.

Jeruk hanya memiliki sekitar 80 kalori dan seperti semangka, mengandung lebih dari 90 persen air.

Penelitian telah menunjukkan, senyawa dalam jeruk disebut (naringin) bisa menurunkan gula darah dan akhirnya menyebabkan penurunan berat badan. Satu jeruk sedang mengandung 82 kalori, 0,5 g lemak, sodium 0mg, 20.5g karbohidrat, serat 3g, gula 18g, 1.5g protein.

5. Oranges.

Oranges merupakan buah penurunan berat badan yang luar biasa juga. Tinggi kandungan serat dan air mereka bisa membantu Anda merasa lebih kenyang.


Sumber: jpnn.com