Walikota Jambi Minta Tambah Pendamping Haji Kota Jambi

Minggu, 14 Agustus 2016 - 22:02:34


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Acara penutupan manasik haji dan pelepasan jamaah haji oleh Walikota Jambi di asrama haji.  Walikota Jambi H. Syarif  Fasha meminta kepada pihak Provinsi agar menambah jumlah pendamping haji untuk kota Jambi. Selama ini katanya, pendamping haji untuk Kota Jambi hanya 1 orang, padahal jumlah jamaah haji yang harus didampingi sangat banyak. Apalagi menurutnya, anggaran pendamping haji diambil dari dana APBD Kota Jambi.

"Sudah 2 tahun ini saya meminta kepada pihak Provinsi agar pendamping haji kita ditambah 1 orang. Padahal kita juga sudah menganggarkan di APBD 2 orang untuk pendamping haji, namun yang diberikan hanya satu. Tolonglah pendamping  haji yang banyak dari Provinsi itu diberikan satu untuk kota karena jumlah jamaah haji dari kota lebih banyak dibandingkan kabupaten lain," ujarnya.

Fasha juga berpesan kepada jamaah haji agar menjaga kesehatan dan tidak terlalu memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah khususnya pula ibadah sunat.

"Haji itukan wukuf di Arafah, jangan sampai nanti pas mau melaksanakan rukun haji, kondisi malah drop. Jangan terlalu dipaksakan, tolong diperhatikan kesehatannya sehingga bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan selamat kembali ke tanah air," ujarnya.

Sementara itu, 1 orang calon jamaah haji asal Kota Jambi batal berangkat. Ini dikarenakan meninggal dunia menjelang waktu keberangkatan. Menurut M. Ikbal, Kepala Kemenag Kota Jambi bahwa posisi calon jamaah haji yang batal berangkat tersebut tidak bisa digantikan oleh orang lain.

"Tidak bisa diwakilkan atau digantikan posisinya oleh jamaah lain. Beliau sudah mendaftar, sudah melunasi biaya haji, paspor sudah selesai dan sudah siap berangkat namun meninggal dunia," ujarnya

Menurutnya sejauh ini beberapa persiapan telah dilakukan. Diantaranya 8 kali manasik haji dan 2 kali manasik massal. "Rabu nanti juha akan ada pemantapan terakhir. Saat ini semua sudah siap berangkat," ujarnya.

Saat ini menurutnya, kondisi calon jamaah haji asal Kota Jambi lainnya dalam kondisi sehat dan siap untuk berangkat haji. "Jamaah lainnya dalam kondisi sehat dan tidak ada yang sedang sakit," jelasnya.

Iqbal menjelaskan bahwa saat ini jumlah calon jamaah haji asal Kota Jambi sebanyak 545 orang. Jamaah haji asal Kota Jambi akan diberangkatkan pertama kali pada 23 Agustus 2016 yang merupakan kloter 16 terdiri dari 445 orang. Untuk kloter 17 terdiri dari 20 orang yang akan diberangkatkan pada 24 Agustus. Selanjutnya kloter 18 tersiri dari hanya 1 orang akan berangkat pada 25 Agustus. Terakhir kloter 19 yang terdiri dari 79 orang akan diberangkatkan pada 27 Agustus 2016.

"Masuk asrama satu hari menjelang diberangkatkan. Nanti dari Jambi langsung menuju Batam. Tahun ini jamaah haji kita tidak lagi menginap di Batam, namun hanya transit saja, pindah pesawat dan langsung terbang," jelasnya.


Reporter: Chandra
Editor: Gustav