Walikota Jambi Lepas 445 Calon Jemaah Haji Asal Kota Jambi

Selasa, 23 Agustus 2016 - 22:14:20


Walikota saat menolong salah satu jemaah haji lansia naik bus.
Walikota saat menolong salah satu jemaah haji lansia naik bus. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI - Walikota Jambi H Syarif Fasha berpesan agar Jemaah Calon Haji (JCH) selalu menjaga kesehatan menjelang dan selama mengikuti rangkaian ibadah haji.

“Selamat menunaikan ibadah Haji bagi tamu Allah. Saya berharap kepada jamaah haji agar selalu menjadi kesehatan. Dan jangan lupa untuk selalu banyak minum air putih,” kata Fasha saat melepas secara resmi JCH Kota Jambi tahun 2016, di Halaman Belakang Kantor Walikota, Selasa (23/8/2016).

Fasha juga berpesan untuk selalu fokus melaksanakan ibadah haji dan tidak memikirkan keluarga, pekerjaan, usaha dan bisnis yang ditinggalkan di Jambi.

“Agar fokus saja pada pelaksanaan ibadah haji, yang di Jambi jangan terlalu dipikirkan dan saya berharap semua jamaah haji selalu sehat, dan selamat baik pergi maupun hingga pulang nantinya ke tanah air,” harap Fasha.

Satu orang jamaah haji asal kota Jambi batal berangkat haji dikarenakan meninggal dunia. Sementara itu ada sebanyak 4 (JCH) kota Jambi harus menggunakan kursi roda dalam melaksanakan ibadah haji. Ini dikarenakan kondisi mereka yang sedang sakit stroke.

“Kondisi jamaah haji kota Jambi secara keseluruhan sehat, namun ada yang harus menggunakan kursi roda sebanyak 4 JCH. Selain karena faktor umur, juga dikarenakan penyakit stroke yang dialami. Namun prinsipnya mereka masih bisa bergerak dan berjalan. Hanya butuh pendamping nantinya,” ujar Raden Lukman, Kasi Haji Depag Kota Jambi.

Dijelaskannya bahwa jumlah calon jamaah haji asal kota Jambi sebanyak 545 orang. Selasa (23/8) adalah kloter 16 yang merupakan kloter pertama kali berangkat dari kota Jambi sebanyak 445 orang. Untuk kloter 17 terdiri dari 20 orang yang akan diberangkatkan pada 24 Agustus. Selanjutnya kloter 18 terdiri dari hanya 1 orang akan berangkat pada 25 Agustus. Terakhir kloter 19 yang terdiri dari 79 orang akan diberangkatkan pada 27 Agustus 2016.

"Masuk asrama satu hari menjelang diberangkatkan. Nanti dari Jambi langsung menuju Batam. Tahun ini jamaah haji kita tidak lagi menginap di Batam,namun hanya transit saja,pindah pesawat dan langsung terbang," jelasnya.

Dijelaskannya bahwa untuk peraturan baru, calon jamaah haji yang ingin mendaftar baru diperbolehkan minimal usia 12 tahun. Biasanya, mereka yang mendaftar baru akan bisa berangkat hingga daftar tunggu hingga 15 tahun.

“Untuk yang paling muda dari kota Jambi ada yang berusia 20 tahun, sedangkan yang paling tua ada yang berusia 85 tahun,”bebernya.

Untuk lansia, dijelaskannya memang diperioritaskan dibandingkan daftar tunggu CJH yang masih muda.

“Daftar tunggu lansia paling hanya 3 tahun. Setelah mereka daftar, biasanya 2 hingga 3 tahun berikutnya langsung kita daftarkan. Kalau lolos di dkementria, bisa langsung berangkat. Karena daftar tunggu untuk lansia dari seluruh Indonesia sebanyak 60 ribu,” bebernya.

Di kota Jambi sendiri, ada sebanyak 101 daftar lansia yang mendaftar haji. Namun yang hanya bisa berangkat pada 2016 ini hanya 18 lansia.

“Kita hanya mendaftarkan, ada tim khusus yang menentukannya,”ujarnya.


Reporter: Chandra
Editor: Gustav