Buah-Buahan Ini Punya Khasiat Ajaib

Rabu, 31 Agustus 2016 - 14:00:50


Buah Kiwi. Foto: Healthlife.
Buah Kiwi. Foto: Healthlife. /

KESEHATAN merupakan hal yang terpenting yang harus kita perhatikan secara lebih serius. Berbagai makanan yang Anda konsumsi setiap hari harus Anda pikirkan dampaknya bagi kesehatan tubuh Anda.
Banyak makanan tersebut mungkin mengandung bahan-bahan yang bisa membahayakan bagi kesehatan organ-organ tubuh Anda. Sehingga dari sekarang, mulailah dengan memakan makanan yang sehat bagi tubuh Anda, salah satunya adalaj buah-buahan.
Lalu, buah apa saja makanan yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini ulasannya, seperti dilansir laman Cheat Sheet:

1. Pepaya
Anda mungkin tidak menemukan buah ini tumbuh di dekat kebun apel Anda, tapi buah tropis ini menawarkan banyak sekali manfaat kesehatan. Pepaya tinggi vitamin C, yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, melindungi terhadap arthritis dan mencegah penyakit kardiovaskular.
Mereka juga kaya serat dan antioksidan yang membantu mengatasi kolesterol membangun di arteri, yang lagi-lagi bekerja untuk mencegah penyakit jantung. Jika Anda merasa lapar, buah yang kaya serat ini menawarkan camilan mengenyangkan tanpa kalori, hanya ada 67 kalori dalam satu buah kecil.
Tidak hanya pepaya kaya akan vitamin, tapi mereka juga bagus untuk meredakan gejala menstruasi karena enzim dalam pepaya yang disebut papain, membantu dalam mengatur aliran menstruasi dan mengurangi kram.

2. Kiwi
Kiwi atau buah kiwi memang sebuah buah yang memiliki ukuran kecil tapi besar dalam dampak gizi. Kiwi dianggap padat nutrisi, yang membuat mereka tinggi nutrisi dan rendah kalori, menurut Medical News Today.
Buah kecil ini mengandung banyak vitamin C untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit jantung dan kanker. Kiwi juga kaya serat dan potasium, yang keduanya membantu dalam mendukung kesehatan jantung.
Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah dengan meningkatkan asupan kalium dan penurunan sodium yang bisa didapat dari kiwi.
Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa makan kiwi bisa meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa.

3. Anggur
Fakta organik menjelaskan bagaimana anggur mengandung vitamin A, C dan B6 dan mereka tinggi mineral seperti kalium, kalsium,dan zat besi.
Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda, tembaga, mangan dan besi dalam buah anggur bisa membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Selain membantu dalam kesehatan tulang, anggur juga baik untuk jantung, karena mereka membantu untuk mencegah pembekuan darah dan pada akhirnya bisa membantu mencegah serangan jantung.
Ada juga flavonoid dalam anggur yang merupakan antioksidan yang membantu untuk memperlambat penuaan dan mengurangi efek negatif dari radikal bebas. Resveratrol dan quercetin, dua jenis utama dari flavonoid yang ditemukan dalam anggur, membantu untuk menyaring darah dan membebaskan tubuh dari racun berbahaya yang mengancam kesehatan Anda.

4. Buah naga
Buah naga lebih dari sekadar indah untuk dilihat, mereka juga penuh nutrisi. Buah naga memiliki sejumlah manfaat seperti kandungan tinggi vitamin C, beberapa vitamin B, protein, karoten dan asam lemak yang baik. Buah ini juga mengandung kalsium untuk mendukung tulang dan gigi dan besi untuk meningkatkan energi.
Captin, sebuah fitokimia yang digunakan sebagai obat bagi mereka yang memiliki masalah jantung, hadir secara alami dalam buah naga itu sendiri. Minyak yang ditemukan dalam biji buah juga membantu bagi mereka dengan masalah pencernaan karena bertindak sebagai pencahar alami dan ringan. Tidak hanya biji buah juga menawarkan dukungan pencernaan, tetapi mereka tinggi omega-3 dan asam lemak omega-6 yang membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Blackberry
Bukan rahasia bahwa berries baik untuk Anda, tapi blackberry mungkin juga menjadi raja mereka semua dalam hal gizi. Warna mereka menunjukkan bahwa mereka tinggi antioksidan dan mereka benar-benar memiliki salah satu tingkat antioksidan tertinggi dari semua buah-buahan. Mereka juga tinggi vitamin K, C, A dan vitamin B serta kalsium, zat besi, magnesium,dan kalium. Mereka baik untuk mendukung kesehatan jantung, kulit dan tulang.
Jika Anda mengalami masalah usus, maka blackberry mungkin menjadi pilihan yang baik dari makanan ringan untuk Anda juga, karena tannin yang hadir dalam buah ini bekerja untuk menenangkan peradangan di usus dan memberikan bantuan bagi mereka yang mengalami diare.
Secara tradisional, daun tanaman blackberry telah digunakan untuk mengobati peradangan pada gusi dan daun blackberry juga bisa digunakan untuk membuat teh. (*)