Inilah Solusi Terbaik Memenuhi Nutrisi Harian Pria

Rabu, 31 Agustus 2016 - 14:06:14


Ilustrasi.
Ilustrasi. /

LEBIH dari sekadar takarannya, pria memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dibanding lawan jenisnya. Berbagai macam buah dan sayur, seperti beberapa makanan lainnya, menawarkan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian pria.
Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pria yang tidak menerapkan pola makan dengan benar, sehingga tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.
Untuk mengatasi kekurangan vitamin dan mineral tersebut, mengonsumsi suplemen makanan bisa menjadi cara terbaik.
"Tidak peduli seberapa sehat diet Anda, ada nutrisi tertentu seperti magnesium, vitamin D dan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan pria," kata seorang dokter integratif di New York City, Dr. Frank Lipman, seperti dilansir laman Mens Journal, Senin (1/8).
Kekurangan dalam tiga bidang tertentu ini bisa menghasilkan berbagai macam masalah kesehatan, studi menunjukkan.

Apa saja suplemen tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1. Magnesium: Engine Tubuh
" Magnesium adalah mineral yang paling penting bagi tubuh Anda," kata Dennis Goodman, seorang ahli jantung dan direktur kedokteran integratif di New York University.
Lebih dari 350 fungsi enzimatik memerlukannya. Magnesium mengatur segala sesuatu, mulai dari metabolisme dan siklus tidur , hingga tekanan darah. Dengan magnesium yang cukup, Anda bisa membantu mencegah masalah penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis dan sakit kepala migrain serta meringankan nyeri otot, insomnia dan kecemasan.
Goodman mengatakan 70 sampai 80 persen dari kita kekurangan mineral.

2. Vitamin D: Meningkatkan Kekuatan, Mencegah Penyakit Kronis
Kekurangan vitamin D berkaitan dengan risiko tinggi penyakit jantung, penurunan kognitif dan bahkan kanker. Studi juga menunjukkan bahwa mendapatkan cukup vitamin D bisa memberikan manfaat langsung.
Mendapatkan cukup vitamin D bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit menular seperti flu dan membantu mencegah pengeroposan tulang
Ada alasan modern kebanyakan dari kita tidak mendapatkan 2.000 IU vitamin D, banyak ahli mengatakan, yaitu karena Anda menghindari matahari.
Rata-rata dibutuhkan 10 sampai 30 menit dari paparan UV tengah hari, tanpa mengenakan tabir surya untuk mendorong tubuh Anda menghasilkan antara 10.000 dan 20.000 IU vitamin D.
Anda harus minum 50 gelas susu per hari untuk mendapatkan cukup vitamin D.
Atau kalau tidak, pastikan Anda membeli vitamin D3.

3. Minyak ikan: Pertajam Pikiran Anda
Suplemen kaya omega-3-menjaga jantung tetap sehat dan dalam kondisi yang baik, mungkin mencegah serangan jantung.
Kita tahu bahwa omega-3, seperti DHA dan EPA yang ditemukan dalam minyak ikan, mengakibatkan trigliserida lebih rendah, mengurangi peradangan, menstabilkan irama jantung dan pada intake lebih tinggi, membantu mencegah pembekuan darah.
Selain manfaat kesehatan jantung, minyak ikan juga mempertajam fungsi otak, meningkatkan mood dan mengurangi depresi.
Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak ikan bahkan bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer. Karena efek anti-inflamasi, minyak ikan bisa membantu nyeri otot dan nyeri sendi dan membuat kulit terlihat lebih muda. (*)