Kota Jambi Konsen Penanganan Kekerasan Pada Anak

Rabu, 14 September 2016 - 21:38:40


Walikota ikut dalam kemeriahan HAN tingkat Kota Jambi.
Walikota ikut dalam kemeriahan HAN tingkat Kota Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI-Saat ini kasus kekerasan terhadap anak masih kerap terjadi di Kota Jambi. Untuk itu, Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengaku bahwa pemkot Jambi melalui gerakan PKK telah membentuk komunitas yang bergerak dan konsen Pada perlindungan terhadap perempuan dan anak.

"Tim PKK kita yang diketuai boleh istti Walikota juga telah membuat komunitas yang khusus menangani tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dan mereka juga telah berkoordinasi dengan kepolisian kesehatan dan berbagai bidang," ungkap Fasha, pada perayaan Hari Anak Nasional (HAN) di kantor Walikota Jambi, Rabu kemarin.

Fasha juga menghimbau orang tua, agar selalu memberikan perlindungan kepada anak. Menurutnya, hak anak adalah mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari orang tua. Oleh karena itu, menurutnya penelantaran dan kekerasan terhadap anak  merupakan salah satu kekejaman dan pelanggaran terhadap hak anak.

"Saya perlu menyampaikan himbauan bagi kita semua selaku orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita, bagi masa depan mereka. Yang sangat penting untuk kita lakukan adalah dengan memberikan perlindungan, perhatian dan dukungan penuh terhadap anak,"ujarnya.

Ditambahkannya bahwa dengan perayaan HAN dengan tema "Peran serta masyarakat terhadap kekerasan anak dan narkoba" tersebut, diharapkan orang tua sadar bahwa aak diibaratkan sebagai kertas putih yang harus dibina dan di didik dengan baik.   

"Melalui perayaan hari anak ini kita sebagai orang tua di ingatkan kembali bahwa ada anak anak disekeliling kita yang harus diperhatikan. Karena selama ini, kita kerap sibuk dengan pekerjaan, sehinggga terhadang kurang memperhatikan anak,"bebernya.

Fasha juga menambahkan bahwa pada 2017 mendatang, Kota Jambi sudah masuk pada Kota layak anak dan Kota Sehat. Ada banyak indikator yang menjadi tolak ukur. Diantaranya banyaknya taman Kota dan perokok yang dibatasi.

"Data himbau juga kepada orang tua untuk tidak merokok di depan anak. Kita harus memberikan perlindungan kepada anak,"bebernya.

Perayaan hari anak nasional kemarin juga dimeriahkan boleh kehadiran Awam Prakoso, pendongeng nasional dan artis Miqdad Prakoso. "Dengan pendongeng, bisa mendekatkan komunitas dan kasih sayang Antara orang tua dan anak,"bebernya. (advertorial)