Sinergikan Sumberdaya, Pemkot Jambi Bantu Korban Banjir

Rabu, 15 Maret 2017 - 21:15:44


Walikota tinjau rumah warga yang terendam banjir.
Walikota tinjau rumah warga yang terendam banjir. /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTAJAMBI- Pemerintah kota Jambi terus bergerak cepat memberikan bantuan korban banjir akibat curah hujan yang tinggi beberapa pekan terakhir.

Beberapa wilayah terdampak dalam Kota Jambi terus disisir tim penanggulangan bencana Pemerintah Kota Jambi mulai banjir melanda sebagaian wilayah Kota Jambi sejak 11 Maret lalu.

Seperti sebelumnya Walikota Jambi, H Syarif Fasha, meninjau kawasan di kelurahan Sijenjang Kecamatan Jambi Timur. Dengan menggunakan perahu karet, Fasha turun langsung melihat dan sekaligus memberikan bantuan untuk sebanyak 19 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa sebanyak 80 orang.

“Warga yang mendapatkan bantuan ini merupakan masyarakat yang benar-benar membutuhkan, karena tempat mereka berdomisili saat ini sudah mengalami banjir yang cukup dalam,” ujar Walikota.

Walikota juga meninjau dan menyerahkan bantuan untuk warga terdampak di kawasan kecamatan Pasar. Sementara itu hari ini Selasa (14/3), Fasha turun langsung ke Kecamatan Pelayangan, kawasan yang paling parah terdampak banjir. Disini Fasha menyerahkan bantuan untuk 100 KK.

Walikota yang berada di kawasan Kecamatan Pelayangan hingga menjelang Maghrib kemarin, mengatakan akan kembali turun ke seberang (Jambi Kota Seberang, red) untuk meninjau kawasan terdampak di Kecamatan Danau Teluk esok hari mengingat hari sudah mulai gelap.

Walikota Jambi mengatakan dirinya juga telah meminta segenap jajarannya mulai dari SKPD terkait, Camat, Lurah hingga Ketua RT, untuk intens memantau perkembangan dilapangan serta menghimbau warganya untuk waspada.

"Kita sinergikan semua kekuatan dan sumberdaya yang ada untuk melakukan optimalisasi penanggulangan bencana ini. Saya sudah perintahkan Camat, Lurah dan Ketua RT untuk rutin melaporkan perkembangan dilapangan," tegas Walikota.

Untuk meminimalisir dampak banjir tersebut, selain menyerahkan bantuan serta menghimbau masyarakat untuk terus waspada, Walikota juga mengatakan bahwa instansinya telah mendirikan tenda-tenda darurat serta dapur umum di beberapa titik. Tenda tersebut dibuka untuk umum sehingga warga bisa mengungsi terutama untuk anak anak agar lebih aman.

"Namun kita tetap sudah siap sedia. Mulai dari beras, tenda, wc umum dan kebutuhan lainnya untuk warga," terang Walikota. (adv)