Fasha Kumpulkan SKPD, Evaluasi dan Efektifkan Penanganan Banjir

Rabu, 22 Maret 2017 - 21:07:19


Walikota tinjau rumah warga yang terendam banjir.
Walikota tinjau rumah warga yang terendam banjir. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Tak ada kebiasaan membuang waktu bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Jambi, meskipun di hari libur. Terlebih lagi saat ini beberapa kawasan di Kota Jambi masih dilanda musibah banjir. Hal itu tampak saat Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengumpulkan stafnya di Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Minggu pagi (19/3).

Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengatakan meskipun hari libur, ASN Pemkot Jambi harus tetap bekerja khususnya instansi terkait penanggulangan bencana yang saat ini sedang melanda kota Jambi. Fasha minta, semua sumber daya Pemerintah Kota Jambi harus tetap dioptimalkan guna melakukan penanggulangan bencana, memberikan pelayanan, dan penyelamatan warga yang terdampak banjir.

Ruang pengabdian pun tidak hanya terbatas formalitas, ditegaskannya dalam kondisi siaga, staf yang ada harus bahu membahu melakukan semua upaya meskipun bukan tupoksinya.

"Ruang pengabdian itu begitu besar, tak ada waktu libur bagi kita, saya minta semua sumber daya Pemerintah Kota Jambi dioptimalkan, termasuk semua ASN. Saya tegaskan semua pegawai Pemkot turut mengambil peran membantu saudara-saudara kita korban banjir paling tidak di dekat tempat tinggalnya masing-masing," tegas Fasha.

Seperti diberikan sebelumnya, Walikota Jambi telah melakukan dan berupaya bersama SKPD untuk membantu korban-korban banjir. Fasha mengatakan dirinya juga telah meminta segenap jajarannya mulai dari SKPD terkait, Camat, Lurah hingga Ketua RT, untuk intens memantau perkembangan dilapangan serta menghimbau warganya untuk waspada.

"Kita sinergikan semua kekuatan dan sumberdaya yang ada untuk melakukan optimalisasi penanggulangan bencana ini. Saya sudah perintahkan Camat, Lurah dan Ketua RT untuk rutin melaporkan perkembangan dilapangan," tegas Walikota.

Untuk meminimalisir dampak banjir tersebut, selain menyerahkan bantuan serta menghimbau masyarakat untuk terus waspada, Walikota juga mengatakan bahwa instansinya telah mendirikan tenda-tenda darurat serta dapur umum di beberapa titik. Tenda tersebut dibuka untuk umum sehingga warga bisa mengungsi terutama untuk anak anak agar lebih aman.

"Namun kita tetap sudah siap sedia. Mulai dari beras, tenda, wc umum dan kebutuhan lainnya untuk warga," terang Walikota.

Reporter: Khotib Syarbini
Editor: Gustav