Komisi II DPRD Kota Jambi Desak Hasil Uji Lab Beras Sebelum Idul Adha

Selasa, 29 Agustus 2017 - 19:13:33


Komisi II sidak ke beberapa gudang beras di Kota Jambi
Komisi II sidak ke beberapa gudang beras di Kota Jambi /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI-Selasa pagi (29/8), Komisi II DPRD Kota Jambi mengadakan sidak di tiga gudang beras yang ada di Kota Jambi. Sidak yang dilakukan ini selain menjelang Idul Adha, pihaknya juga mengantisipasi terkait beredarnya beras oplosan. Tiga gudang beras yang ditemui Komisi II ini yakni Abadi Makmur, Sri Murni dan Angso Duo. Hasil sidang mereka, ketika gudang beras ini diambil sampel untuk diuji langsung lab oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

"Semua kita sudah ambil sampel, saat ini belum ada hasil. Saya memerintahkan, sebelum lebaran sudah ada hasil," tegas Ketua Komisi II Sony Zainul, usai sidak kemarin.

Terkait deadline hasil lab sampel beras, kata Sony bahwa pihaknya tidak ingin warga menjadi resah terkait bahan sembako yang beredar di Kota Jambi sewaktu masuknya Idul Adha.

"Kita ingin masyarakat itu aman dalam mengkonsumsi semua sembako," ucapnya.

Dalam sidak, akui Sony, pihaknya menemukan adanya beras Bulog di salah satu gudang. Dengan temuan tersebut, pihaknya akan memanggil dan memeprtanyakan keberadaan beras Bulog tersebut. "Iya kok beras Bulog dikuasi perusahaan. itu kita pertanyakan. Seharunya masih ada gudang beras yang kita temui, tetapi agenda lain kita bertambarakan (Paripurna, red)," tegasnya.

Lalu terkait stok daging Idul Adha, Sony mengaku, Dinas Pertanian dan Disperindag sudah melakukan antisipasi dan terkait ketersediannya. "Kesiapan Idul Adha, alhamdulillah mencukupi," terang Sony.

Namun mengenai masuknya daging dari daerah luar Kota Jambi, Komisi II juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Jambi untuk melakukan sosialisasi ke OPD kabupaten, agar bisa mengawasi dan memberikan label khusus.

"Iya kalau motongnya di luar daerah, jual di Kota Jambi. Kan kita tidak tahu kualitas itu. Ini harus kita awasi," kata Sony.

 

Reporter: Hilman Yusra