Dewan Minta Gubernur Usulkan Penjabat Berkompeten

Senin, 22 Januari 2018 - 16:31:47


Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Ar Syahbandar
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Ar Syahbandar /

Radarjambi.co.id, KOTA JAMBI- Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Ar Syahbandar minta kepada Gubernur Jambi memilih pejabat-pejabat berkompeten untuk diusulkan sebagai Penjabat (Pj) kepala daerah di tiga wilayah di Provinsi Jambi.

"Kita berharap gubernur menunjuk dan mengusulkan Penjabat bupati dan walikota ke Kemendagri, adalah orang-orang yang betul-betul mumpuni dalam kepemimpinan," katanya.

Syabandar menegaskan, DPRD sebagai mitra pemerintah berhak memberikan masukan agar pejabat Pemprov Jambi yang tunjuk dan diusulkan nantinya memenuhi regulasi dan memahami karakteristik wilayah yang akan dipimpin.

"Dan tentunya mampu berkoordinasi khususnya dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di wilayah masing-masing," tegasnya.

Ia juga juga minta dalam memilih Penjabat bupati dan walikota jangan ada kepentingan politik untuk ke depannya. Atau harus murni untuk kepentingan daerah dan masyarakat.

"Tentu yang dipilih orang yang mumpuni dan berpengalaman di pemerintahan. Juga yang dipilih orang-orang yang netral sehingga pasangan yang mengikuti Pilkda juga merasa nyaman," ujarnya.

Seperti diketahui, ada tiga daerah di Jambi yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2018. Yakni Kota Jambi, Merangin dan Kerinci. Mengingat di tiga wilayah itu semua petahan kembali maju, maka dipastikan kekosongan jabatan diisi oleh Penjabat dari Pemprov Jambi.

Gubernur Jambi Zumi Zola juga dikabarkan sudah menyiapkan nama-nama pejabat Pemprov Jambi untuk mengisi jabatan kepala daerah di tiga wilayah tersebut.

Penulis: Endang Haryanto
Editor: Endang Haryanto