Menteri EDSM Jonan Resmikan Pembangkit Listrik Biogas

Rabu, 24 Januari 2018 - 16:06:34


Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meresmikan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) di Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjungjabung Barat.(Foto :Jambi Star/ Endang)
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meresmikan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) di Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjungjabung Barat.(Foto :Jambi Star/ Endang) /

Radarjambi.co.id,KUALA TUNGKAL- Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meresmikan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) di Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi, Rabu (24/1).

Dalam persemian itu, Jonan yang didampingi Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan pengopersian PLTBg merupakan bentuk nyata dukungan sektor swasta atas komitmen pemerintah Indonesia dalam penciptaan energi baru terbarukan, yang diharapkan dapat mencapai 23 persen di tahun 2025.

"Kementerian ESDM mendukung sepenuhnya komitmen Presiden RI, Joko Widodo terhadap perubahan iklim yang disampaikan pada Conference pf the Parties (COP) Desember 2105 lalu," kata Jonan.

Jonan juga mengataka, pemerintah mengundang partisipasi dari sektor swasta untuk mulai berinisiatif dan mengambil peran serupa seperti yang dilakukan Asian Agri di Tungkal Ulu Jambi dalam penciptaan energi hijau itu.

Sementara itu, Head of Operation Asian Agri, Bukit Sanjaya mengatakan pihaknya mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap inisiatif Asian Agri yang berinvestasi untuk mengolah limbah cair kelapa sawit secara ramah lingkungan.

"Dengan pengoperasian PLTBg ini dapat menghasilkan energi hijau terbarukan," kata Bukit.

Dia juga menjelaskan, dalam mendukung industri sawit nasional yang berkelanjutan, sejak tahun 2015 Asian Agri telah mengoperasikan PLTBg sebagai bagian dari zero waste (nol limbah) perusahan.

"Ini juga menjadi komitmen nyata terhadap kelestarian lingkungan serta dukungan Asian Agri terhadap penciptaan energi baru terbarukan, yang merupakan salah satu fokus pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM untuk ketahanan energi," katanya menjelaskan.

Menurut Bukit, pertumbuhan ekonomi dan industri di Jambi juga memerlukan ketersediaan energi dan keberadaan PLTBg Asian Agri sejalan dengan program prioritas pembangunan Provinsi Jambi dalam pemenuhan energi bagi masyarakat dan mendorong perekonomian daerah secara berkesinambungan.

Reporter : Endang 


Editor: Endang Haryanto