Traktor Penghancur Tanah Terbengkalai

Selasa, 30 Januari 2018 - 21:49:40


Traktor penghancur yang terbengkali di kantor Dinas Pertanian Muarojambi.
Traktor penghancur yang terbengkali di kantor Dinas Pertanian Muarojambi. /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Sejak tahun 2016 satu unit alat berat traktor untuk peremuk tanah terbengkalai di ruang Kantor Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Muarojambi.

Pantauan dilapangan alat tersebut hanya terongok tak digunakan atau disalurkan.
Alat berat tersebut diduga mencampai Rp. 200 juta perunit itu merupakan bantuan dari dana APBN Ditjen prasarana dan sarana Pertanian Kemetrian Pertanian agaran tahun 2016.

Alat tersebut, seharusnya bisa digunakan apabila petani untuk membuka lahan baru. Dan meremuk tanah. Namun alat yang terpakir di Dinas Pertanian tersebut sudah mulai karatan.

M Havis, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura, menyampikan, terkait alat berat tersebut. Memang sengaja tak diturunkan untuk keperluan petani.

Masalahnya kalau diberikan ke salah satu ke kelompok tani akan terjadi kecemburuan sosial.

"Sebelumnya alat berat itu ada 4 unit dan sudah diberikan ke petani. Itupun tak merata sehingga terjadi kecemburuan sosial, maka ini tidak sayo berikan lagi petani," sampainya.

Lebih lanjut, Havis menyampaikan, jadi alat berat tersebut akan dialkoasikan ke Badan Penyeluhan Pertanian (BPP) agar bisa digunakan kelompok tani.

"Jadi kalau hendak minjam alat berat tersebut bisa memalui BPP dengan kordinasi dengan pihak Dinas Pertanian," sampainya.

 

Reporter : Ansory

 Editor : Ansory