RS Chatib Quzwain Sarolangun Miliki 4 Alat Terapi

Senin, 26 Februari 2018 - 22:21:33


Ruang terapi RS Chatib Quzwein
Ruang terapi RS Chatib Quzwein /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Rumah Sakit Umum Daerah Chatib Quzwain yang beralamat Jalan Lintas Sumatra Kilo Meter 09 Desa Bukit telah memiliki empat ala terapi untuk menyembuhkan penyakit, seperti stroke, gangguan saraf terjepit, serta berbagai penyakit lainnya.

Keempat alat tersebut, yakni alat infra red, Transcutaneus Electrical Nerve Stimulatuon (Tens), Shortwarve Diathermy(SWD), Microwave Diathermy (MWD), Parafin Bath (Terapi Lilin) dan Ultrasound (US).

Dengan ukuran ruangan 6×6 meter persegi wallpaper yang bermotif batik tersebut membaluti setiap dinding, sehingga para pasien akan merasa nyaman ketika dalam ruangan.

Terlihat ada empat bagian ruangan yang ditutup dengan kain warna hijau dijadikan sebagai tempat bagi pasien yang hendak ingin melakukan terapi, dan setiap ruangan sudah diisis peralatan terapi.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Chatib Quzwain Dr Irwan Mizwar MKM Senin (26/02) mengatakan, pembukaan terapi dilakukan setiap hari kerja, dimulai dari hari Senin sampai dengan Sabtu.

“Kadang-kadang sampai pukul 20.00 WIB dan itu kita buka dari pagi, pasien yang datang kesini untuk terapi paling banyak pasien yang mengalami stroke, gangguan saraf terjepit, Bibir mencong, “ ungkap Dirut RSUD.

Dalam sehari Kata Dr Irwan, pasien yang datang untuk terapi mencapai 40 sampai 50 pasien, dan dalam waktu sebulan tercatat mencapai 900 dan 1000 pasien.

“Kalau pasien BPJS harus ada keterangan dari dokter yang menangani pasien tersebut. Kalau pasien umum akan dikenakan biaya, dan itu tergantung jenis tindakan yang dikerjakan oleh tim terapi, “ jelasnya.

Selain dari itu, Direktur RSUD juga mengakui jidokter spesialis terapi belum ada, selama ini pihak rumah sakit kerjasama dengan pihak Departemen Kesehatan (Depkes).

“Jadi yang menanganinya sekarang tamatan serjana fisioterapi, kalau dokter khusus kita belum, itulah tadi kadang-kadang kita kerjasama dengan Depkes, dan pihak

Depkes akan bantu tenaga dokter berjangka selama enam bulan,'' katanya.
Jika dilihat dari pasien yang banyak, tidak menutup kemungkinan pihak Rumah Sakit akan menambah dokter khusus, dan kini pihaknya tengah mencari dokter tersebut.

“Kalau ramai seperti ini terus, kita akan cari Dokter Spesialis, mudahan dalam waktu dekat ada, “ bebernya.

Kendati demikian, Dirut Rumah sakit menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Sarolangun, apabila yang ingin membutuhkan pisiotherafy cukup dirumah Sakit Chatib Quzwain.

“Iya tidak perlu lagi harus jauh-jauh, Rumah sakit Kita sudah lengkap alatnya, jadi tidak perlu lagi ke Jambi, kalau terapi dijambi tentu memakan biaya lagu, belum ongkosnya, jadi bagi yang kurang mampu cukup disini saja, “imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sarolangun H.Cek Endra usai menjalankan terapi mengatakan, bahwa terapi yang dilakukan di Rumah Sakit Chatib Quzwain sudah memenuhi unsur standar, dan pelayanan yang diberikan betul-betul palayanan yang prima.

“Enak, saya rutin terapi disini, dan pelayanannya juga bagus, jadi jika warga yang ingin terapi cukup disini saja, dekat dan tidak memakan biaya yang tinggi, “kata Bupati Sarolangun.

 

Reporter : Charles Rangkuti

 

Editor : Ansory