Zola Ajak Masayarakat Budidaya Ikan di Lokasi Eks Peti

Jumat, 16 Maret 2018 - 11:19:57


Gubernur bersama pejabat Bungo Panen Ikan Patin dan Lele di lokasi eks Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Kamis (15/3/18).
Gubernur bersama pejabat Bungo Panen Ikan Patin dan Lele di lokasi eks Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Kamis (15/3/18). /

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,  bersama Bupati Bungo, H.Mashuri, Wakil Bupati Bungo, Safrudin Dwi Afriyanto, Dandim 0416/Bute, Letkol Inf. Wahyu H.S, serta pejabat lainnya melakukan Panen Ikan Patin dan Lele di lokasi eks Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Kamis (15/3/18).

Masyarakat setempat tidak ingin  lahan eks PETI tersebut terbengkalai, maka mereka memanfaatkannya untuk budidaya ikan, yang pasti memberikan manfaat ekonomi. "Lokasi eks PETI bisa berhasil dimanfaatkan untuk budidaya ikan patin, lele, nila, juga mulai ada ikan semah," kata Zola.

Hasil panen ikan di lahan seluas lima hektar mencapai satu hingga dua ton ikan per hari. "Untuk dua ton ikan bisa mencapai angka 30 juta rupiah untuk satu malam yang dikeluarkan," ujar Zola.

Zola mengajak masyarakat Jambi memanfaatkan lokasi Eks PETI menjadi budidaya ikan guna menunjang perekonomian keluarga juga meningkatkan angka konsumsi ikan. "Jadi contoh bagi daerah lain untuk diikuti, serta mengajak masyarakat gemar makan ikan supaya lebih cerdas, ikan sangat baik bagi perkembangan dan kecerdasan anak," ungkap Zola.

Guna peningkatan produksi ikan di Kabupaten Bungo, Zola telah menyiapkan bantuan satu unit alat pakan ikan di Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah, serta benih ikan bantuan yang telah direncanakan sebesar 200 ribu ekor untuk dibagikan. "In Syaa Allah panen yang akan datang bisa berhasil dan mencukupi kebutuhan konsumsi ikan di Bungo," kata Zola.

Bupati Bungo, H. Mashuri, menyampaikan tingkat konsumsi ikan hanya 35,5 Kg per tahun yang seharusnya secara nasional mencapai 43,5 kg per tahun. "Potensi sekitar 70 hektar untuk pengembangan budidaya ikan, Kecamatan Rimbo Tengah sebagai sentra perikanan dan Kecamatan Tanah Tumbuh," kata Bupati Bungo.

Mashuri menyatakan, selain untuk budidaya ikan, kawasan Sungai Buluh Rimbo Tengah telah dipersiapkan untuk kawasan Minawisata bagi masyarakat di Kabupaten Bungo. "Mancing di sini, bawa keluarga serta banyak manfaat bagi warga nantinya, dan sekarang ada jalan lingkar yang sedang dikerjakan dibantu juga oleh pihak TNI," papar Bupati Bungo.

Selain itu, Bupati Bungo menyampaikan adanya pembangunan embung yang berguna  untuk mengaliri tambak ikan milik petani. "Semangat masyarakat besar dan kita minta bantuan pakan serta pemasaran," ujar Bupati Bungo.  

Sementara dalam laporan  Kadis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo, Ir Saiful Azhar,ME dinyatakan, pada tahun 2017 ada 40 ton ikan patin yang bisa dipanen, untuk tahun 2018 direncanakan bisa panen 60 ton ikan patin. "Kebutuhan ikan segar lima ton setiap hari, sedangkan saat ini dua ton yang dihasilkan," kata Saiful Azhar.

Dalam acara tersebut, Gubernur Jambi juga memberikan 10 ribu benih ikan untuk Kelompok Tani Sumber Rezeki serta 350 kg pakan ikan.

Sumber : Humas Pemprov Jambi

Editor : Endang