Pemkot Jambi Akan Luncurkan Program Bedah Rumah

Minggu, 18 Maret 2018 - 16:51:14 | dibaca: 374 kali


Ilustrasi Bedah Rumah
Ilustrasi Bedah Rumah /

RADARJAMBI.CO.ID,- Pada tahun 2018 pemerintah pusat dan Pemerintah Kota Jambi berencana akan memperbaiki beberapa rumah tidak layak huni melalui program bedah rumah.

Kepala Distarum (Dinas Tata Ruang dan Perumahan) Kota Jambi, Masrizal mengatakan bahwa tahun ini pemerintah pusat dan kota akan melakukan program bedah rumah. Anggaran bedah rumah sendiri berasal dari APBD dan APBN.

”kalau dari APBN itu ada Satkernya sendiri.” Kita sedang mendata siapa saja warga yang berhak untuk menerima bantuan tersebut,”katanya.

Sementara itu, Kabid Pemukiman Distarum Kota Jambi, Mahruzar menambahkan untuk dana APBD Kota Jambi akan ada 40 rumah yang akan di bedah. Rumah tersebut tersebar di kawasan yang terutama masuk dalam kategori kawasan kumuh.

Hanya saja dikatakan Mahruzar saat ini siapa warga yang menerima program tersebut belum diketahui secara past sebab tim masih melakukan verifikasi data.    

"Anggaran program bedah rumah ini berasal dari APBD. Ada 40 rumah, kita utamakan rumah-rumah yang berada di kawasan kumuh. Ini juga akan disinkronisasikan dengan program kota tanpa kumuh,”ujarnya.

Mahruzar menjelaskan bahwa ada tiga jenis bantuan bedah rumah yang akan diperuntuhkan yaitu bedah rumah ringan dengan bantuan sebesar lebih kurang Rp 5 juta, bedah rumah sedang dengan anggaran Rp 10 juta dan bedah rumah berat dengan anggaran Rp 15 juta.

“Untuk jenis bantuan  akan ditentukan apakah dalam bentuk tunai atau berupa bantuan bedah rumah langsung. Siapa saja yang akan menerima juga semuanya masih dalam proses. Kita targetkan hingga 2018 nanti semuanya udah selesai,” katanya.

Sedangkan untuk dana APBN sendiri dikatakan Mahruzar nantinya akan langsung dilaksanakan oleh Satker Perumahan dari pemerintah pusat. Bantuan akan diberikan kepada sekitar 213 kepala keluarga yang tersebar di seluruh Kelurahan yang ada di kota Jambi.

Jumlah kepala keluarga yang akan mendapatkan bantuan tersebut didapat dari data beberapa Kelurahan dan sebelum mendapatkan bantuan nantinya tim juga akan langsung turun melihat kondisi rumah yang bersangkutan terlebih dahulu.

"Jadi total bedah rumah tahun ini melalui anggaran APBD dan APBN sebanyak 253 rumah,”jelas Mahruzar.

Penulis : Ndang