Bappeda Mantapkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Sarolangun 2019

Senin, 26 Maret 2018 - 22:29:41


Sesi tanya jawab Musrenbang RKPD, Senin (26/3) siang
Sesi tanya jawab Musrenbang RKPD, Senin (26/3) siang /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (26/3) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun Anggaran 2019 dengan tema “Melalui Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Kita Wujudkan Masyarakat yang Lebih Sejahtera”. Acara tersebut sekaligus launching e-Planning di lingkungan Pemkab Sarolangun. 

Musrenbang RKPD dibuka langsung Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra didampingi Wabup H Hillalatil Badri, Sekda Drs H Thabroni Rozali, MM dan Kepala Bappeda Kabupaten Sarolangun Ir Dedy Hendry MSi. Menariknya dalam Musrenbang RKPD dihadiri perwakilan pemerintah pusat, yakni Direktur Tata Ruang dan Pertanahan PPN/Bappenas Uke Muhammad Husein, SSi, MPP dan Kasubdit Partisipasi Masyarakat dan Informasi Kemendagri Agung Herbowo, ST, MT. 

Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Sarolangun-Merangin, Fahrurrozi, AMd, Syopian, SE, Khairil, ST dan Nasri Umar SH, Bappeda Provinsi Jambi yang diwakili Kabid Sosial Budaya, Padli, Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan Wira Laksana SIK, kepala Bappeda kabupaten tetangga, pimpinan OPD Pemkab Sarolangun, delegasi kecamatan, tokoh masyarakat, OKP, LSM, mahasiswa, wartawan dan undangan lainnya. 

Kepala Bappeda Kabupaten Sarolangun Ir Dedy Hendry, MSi dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD bertujuan menyusun rencana kerja yang merupakan dokumen starting point yang diamanatkan dalam undang-undang. Musrenbang RKPD juga merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.

Sebelum melaksanakan Musrenbang RKPD, sudah melakukan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak awal 2018, mulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Forum Konsultasi Publik, Forum Gabungan SKPD guna menyerap saran dari stakeholder termasuk hasil reses DPRD.

Ir Dedy Hendry MSi juga memaparkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Sarolangun. Dalam Musrenbang RKPD kali ini tetap mengedepankan sejumlah isu strategis yang berkembang saat ini.

"Untuk Kabupaten Sarolangun, ada tiga poin yang menjadi skala prioritas, yakni meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur pelayanan umum, meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat berbasis potensi lokal dan meningkatkan pelayanan publik,"jelas terangnya.  

Bupati Sarolangun H Cek Endra dalam pidatonya mengatakan, Musrenbang kali ini merupakan Musrenbang pertama yang dihadiri Bappenas dan Kemendagri. Menurutnya pelaksanaan pembangunan yang baik harus disertai dengan perencanaan yang baik dan matang dan semakin tinggi partisipasi masyarakat semakin bagus.

‘’Kita tidak memprioritaskan keinginan, tapi mengutamakan kebutuhan  dan masyarakat sendirilah yang paling mengetahui kebutuhan itu,’’ tandasnya.

Saat ini menurut Bupati, selain perbaikan infrastruktur pelayanan umum, Pemkab juga fokus peningkatan ekonomi masyarakat untuk menjawab tingginya angka kemisdkinan dan pengangguran. 

‘’Sarolangun memiliki potensi alam yang luar biasa yang tak dimiliki kabupaten lain dan itu yang akan kita kembangkan,’’ kata Cek Endra.

 

 PENULIS : CHARLES RANGKUTI