Dewan Minta Plt Gubernur Evaluasi Kinerja OPD

Kamis, 12 April 2018 - 19:08:31 | dibaca: 206 kali


Anggota DPRD Provinsi Jambi, Nasri Umar
Anggota DPRD Provinsi Jambi, Nasri Umar /

RADARJAMBI.CO.ID-Anggota DPRD Provinsi Jambi, Nasri Umar mengatakan pihak legislatif akan meminta Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi untuk melakukan evaluasi kinerja para organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup pemerintahan itu, agar visi-misi yang diusung dapat terwujud.

"Pihak legislatif akan segera meminta Plt Gubernur Jambi Dr Fachrori Umar untuk melakukan evaluasi kinerja para OPD. Hal ini penting dilakukan sebagai langkah awal Plt gubernur bekerja maksimal dalam rangka mewujudkan Jambi Tuntas 2021," katanya.

Plt Gubernur Jambi baru saja ditunjuk Kemendagri menyusul penahanan Gubernur Jambi Zumi Zola oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan menerima gratifikasi.

"Pak Fachori ini kan pejabat lama, dua periode menjabat wakil gubernur Jambi, sekarang dia Plt gubernur, pengambil kebijakan. Jadi kita akan minta beliau untuk melakukan evaluasi kinerja OPD," kata Nasri Umar.

Selain itu, ia juga mengatakan jabatan Plt gubernur yang disandang Fachrori Umar saat ini waktunya cukup lama, dan banyak program yang harus terlaksana untuk mewujudkan visi-misi pemerintahan tersebut.

"Dengan ditunjuknya Fachrori Umar sebagai Plt Gubernur Jambi, dia harus membandingkan dengan pemerintahan sebelumnya, artinya OPD yang bagus dipertahankan dan yang tidak bagus jangan dipakai," tegasnya.

Sementara itu, Pengamat Hukum Pemerintahan Universitas Jambi (Unja), Dr Helmi mengatakan dari awal kasus ketok palu APBD mencuat hingga melibatkan Gubernur Jambi Zumi Zola, wibawa Pemprov Jambi menjadi menurun.

Selain program Jambi Tuntas 2021 yang harus diwujudkan, Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar katanya juga memiliki tugas berat untuk mengembalikan wibawa Pemprov Jambi di mata masyarakat.

"Pak Fachrori memiliki tugas berat, selain mewujudkan program juga harus mampu mengembalikan wibawa Pemprov Jambi. Jadi salah satu langkah yang harus segera dilakukan adalah memperbaiki kinerja, dan membangun konsolidasi seluruh OPD," kata Dr Helmi.