Plt Gubernur : Kinerja OPD Menentukan Prestasi Pemda

Kamis, 26 April 2018 - 19:38:51


Plt.Gubernur Jambi H.Fachrori Umar
Plt.Gubernur Jambi H.Fachrori Umar /

Radarjambi.co.id, JAKARTA,-Plt.Gubernur Jambi H.Fachrori Umar menegaskan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bekerja lebih baik guna mewujudkan cita-cita pembangunan serta meraih prestasi dalam penilaian kinerja pemerintah.
Hal itu disampaikan Fachrori dalam Malam Apresiasi Penyelenggaraan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam rangka Hari Otonomi Daerah XXII. Bertempat di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (25/4/18) malam.

"Berharap seluruh OPD bekerja lebih baik, mudah-mudahan kita juga bisa mengikuti prestasi yang ada," ujar Plt. Gubernur Jambi.

Fachrori mengatakan, kinerja OPD berimbas pada penilaian kinerja pemerintah daerah (Pemda) yang baik serta terukur sesuai dengan program yang direncanakan guna meningkatkan berbagai aspek pembangunan yang bermanfaat.

"OPD itulah yang sangat menentukan prestasi-prestasi bukan hanya gubernur maupun wagub," ujar Fachrori.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan untuk beberapa Provinsi dan Kabupaten/Kota yang meraih penghargaan.

Provinsi yang mendapat penghargaan yaitu Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan penghargaan Pemerintah Kabupaten diraih oleh Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Tulung Angung, Kabupaten Karang Anyar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Kudus, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bone.

Sementara untuk Pemerintah Kota diraih oleh Kota Malang, Kota Makassar, Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Gorontalo, Kota Semarang, Kota Bandung, Kota Tangerang, Kota Samarinda, dan Kota Pare-pare. Menurut Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Soni Sumarsono, penilaian kinerja berdasarkan 700 indikator dengan melibatkan berbagai instansi terkait.

"Selama enam bulan kerja keras melibatkan berbagai pihak menilai kinerja pemerintah daerah," kata S. Sumarsono.

Sumber : Humas Pemprov

Editor : Endang