Plt Gubernur Fachrori Resmi Buka POPDA Tahun 2018

Selasa, 01 Mei 2018 - 18:35:38 | dibaca: 113 kali


Plt Gubernur Jambi Fachrori saat membuka POPDA
Plt Gubernur Jambi Fachrori saat membuka POPDA /

RADARJAMBI.CO.ID,- PLT Gubernur Jambi Fachrori Umar resmi membuka kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tahun 2018 di Stadion Tri Lomba Juang KONI, Selasa (1/5/2018).

Adapun Popda mengusung tema "Ciptakan Atlet Pelajar Berprestasi Tingkat Nasional Regional Internasional Menuju JAMBI TUNTAS 2021"di Stadion Tri Lomba Juang KONI.
Dalam kegiatan ini, ada 8 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan yakni Basket Ball, Voley Ball, Bulu Tangkis, Pancaksilat, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Sepak bola, Sepak Takraw.

Fachrori mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen POPDA dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Semoga kehadiran para peserta sekalian mampu memberi warna bagi pembangunan olahraga.

Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban memberikan pelayanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya kegiatan keolahragaan bagi setiap warga negara tanpa ada diskriminasi.

"Pemerintah Daerah mempunyai tugas untuk melaksanakan kebijakan dan mengkordinasikan pembinaan dan pengembangan, keolahragaan di daerah, sehingga terwujudnya tujuan olahraga secara nasional," paparnya.

Sebagai tindak lanjut dari pembinaan dan pelatihan olahraga pelajar di daerah masing-masing kabupaten/kota sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga, perlu dilaksanakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) sebagai kegiatan multi event olahraga pelajar 2 (dua) tahunan berskala nasional yang diselenggarakan pada tahun genap, yang sebentar lagi dilaksanakan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelatih, pembina, pengurus organisasi olahraga, baik di Tingkat Provinsi maupun Tingkat Kabupaten/Kota atas keikutsertaan semua cabang olahraga," terangnya.

Mudah-mudahan seluruh kontingen POPDA Tahun 2018 ini dapat mengikuti seluruh Cabor yang dipertandingkan dan telah mempersiapkan atlet-atlet pelajarnya dengan baik untuk diuji kemampuan prestasi yang diperolehnya di Kabupaten/Kota sekaligus kesempatan untuk mengukir prestasi Tingkat Provinsi.

"Selain itu even ini juga merupakan sarana untuk memilih atlet berbakat guna dipersiapkan menghadapi Pekan olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) bulan oktober 2018 di Aceh dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2019," jelasnya.

Pihaknya berharap agar penyelenggaraan POPDA ini sebagai ajang untuk mencari dan mempersiapkan atlet lapis kedua bagi Provinsi Jambi yang nantinya akan menggantikan atlet-atlet senior yang sudah ada sekarang, mengingat usia anak-anak sekalian relatif sangat muda dan masih cukup waktu untuk mempersiapkannya.

"Bagi para atlet pelajar merupakan suatu kesempatan untuk mengukur dan mengukir prestasi. Sedangkan bagi pelatih, pembina pengurus organisasi olahraga, event ini hendaknya dijadikan ukuran dan tolak ukur keberhasilan dalam melaksanakan tugas baik sebagai pelatih maupun sebagai pembina selama kurun waktu 2 tahun sebelumnya," ujarnya.

Dimana kekurangannya dan dimana kelebihannya semua itu akan tergambar pada penampilan para atlet pelajar berlaga di lapangan. Oleh sebab itu dirinya berharap kepada seluruh Pelatih, Pembina, Pengurus baik Tingkat Provinsi maupun Tingkat Kabupaten harus aktif mengikuti perkembangan para atlet pelajar di lapangan pada event ini, sehingga dapat menemukan titik lemah yang harus dibenahi dan kemana nantinya dikonsultasikan.

"Demikian sebaliknya apa yang harus dipertahankan dan dikembangkan untuk masa mendatang agar dapat meraih prestasi yang lebih baik dan lebih tinggi," tegasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Provinsi Jambi Wahyuddin mengatakan, Popda tahun ini merupakan ajang untuk menjaring atlet-atlet pelajar yang pontensial.

"Diharapkan kedepan dapat mengikuti Popwil di Provinsi Aceh pada September mendatang,"paparnya dalam laporan pelaksanaan Popda di lapangan Stadion KONI.
Selain menjaring para atlet-atlet yang pontensial, ini juga merupakan puncak pembinaan prestasi olahraga Pelajar di kabupaten kota sekaligus sebagai tolak ukur keberhasilan para pelaku dan pembinaan olahraga di kabupaten kota.

"Tentunya untuk memacu dan memotivasi para atlet dalam rangka optimalisasi pengembangan potensi atau pelajar daerah," pungkasnya.

Adapun setiap Cabor yang dipertarungkan yakni Volly Ball akan berlaga di SMA Titian Teras, Tenis lapangan di Diklat, Tenis Meja Gor PTMSI Kota Baru, Pencak Silat Gor Judo Kota baru, Basket SMA Bina Kasih, Buluh tangis Hall Putri Mayang , Takraw, For Wana Graha Sepak Bola Stadion Lomba Juang.

Reporter : Endang

Editor : Ansori