Plt Gubernur Fachrori Sampai Dua Pesan Dalam Hardiknas Dan Otda

Rabu, 02 Mei 2018 - 16:29:04 | dibaca: 188 kali


Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi, Rabu (2/5),
Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi, Rabu (2/5), /

RADARJAMBI.CO.ID,-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, menyampaikan dua pesan dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi, Rabu (2/5), yakni pertama agar guru dan anak didik adaptif terhadap teknologi yang terus semakin canggih, dan kedua, menggunakan waktu semaksimal mungkin, termasuk didalamnya tepat waktu.

Fachrori menyatakan, guna mendukung pengembang dan kemajuan pendidikan, baik guru maupun anak didik harus bisa menyesuiakan diri terhadap teknologi, supaya bisa menggunakan teknologi dengan baik, dimana teknologi terus semakin canggih.

Selanjutnya, Fachrori mengemukakan bahwa maksimalisasi waktu juga sangat penting dan mendorong kemajuan, baik dalam pendidikan maupun dalam otonomi daerah dan seluruh sektor pembangunan. Fachrori menekankan agar tidak ada buang-buang waktu, namun menggunakan waktu semaksimal dan sebaik-baiknya.

Sebelumnya, dalam amanahnya saat menjadi inspektur upacara, Plt. Gubernur Jambi membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutan tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

Menjadikan Peringatan Hari Pendidikan untuk merefleksikan kembali pembangunan pendidikan dan kebudayaan, serta menjadi spirit untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan dunia pendidikan dan kebudayaan, pendidikan semakin terjangkau dan berkualitas sebagaimana diamanatkan UUD 1945.

Apresiasi kepada seluruh insan pendidikan dan pemangku kepentingan lain atas segala ikhtiar dan perhatian dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Peningkatan kapasitas dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir.

Pendidikan harus menjadi urusan semua pihak, semua pihak harus bergandengan tangan, bahu membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan.

Sementara dalam sambutan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo disampaikan beberapa poin penting, diantaranya: Otonomi daerah mendorong pemerintahan yang responsif terhadap kebutuhan masyarat serta peran aktif masyarakat yang meningkat dalam kontrol sosial juga turut mendorong terciptanya pemerintahan yang transparan dan akuntabel, serta bermunculannya inovasi daerah dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Untuk memastikan penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, pemerintah terus melakukan terobosan, diantraranya dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Peerintahan Daerah. Melalui peraturan tersebut, penanganan pengaduan akan dipelajari bersama oleh  Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan aparat penegak hukum, apakah mengarah pada indikasi korupsi atau kesalahan administrasi, agar diskresi administrasi tidak menimbulkan pidana

Pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, dimana inovasi daerah merupakan peluang untuk berkreativitas dan menciptakan terobosan guna mendukung peningkatan kinerja. Dalam PP ini diatur tegas batasan prinsip, kriteria, dan mekanisme inovasi sebagai suatu kebijakan daerah. Supaya daerah tidak takut berinovasi, karena sudah ada jaminan perlindungan hukum, bahwa inovasi tak bisa dipidanakan

Agar Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 27 Juni 2018

Memohon doa dan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran dan kesuksesan Asian Games ke-18 pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 dimana Indonesia sebagai tuan rumah.

Pada kesempatan tersebut, Plt.Gubernur Jambi memberikan secara simbolis Corporate Social Renponsibility (CSR) dari BRI Jambi berupa 1 (satu) unit kendaraan roda dua yang diberikan kepada guru yang mengabdi di daerah terpencil, serta hadiah dari Telkomsel Jambi kepada pemenang video blog (vlog) launching film Trip dan Pulang Kampung, dengan SMA N 1 Muaro Jambi sebagai pemenang.

Sumber : Humas Pemprov

Editor : Endang