Fachrori Harap Balitbangda Terus Hasilkan Inovasi

Kamis, 03 Mei 2018 - 15:48:01 | dibaca: 42 kali


Plt Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar
Plt Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar /

RADARJAMBI.CO.ID,- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar berharap agar Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) terus menghasilkan inovasi yang aplikatif, yang bisa diterapkan dalam pelaksanaan pembangunan, untuk meningkatkan kinerja pemerintahan dan pelayanan publik.
Harapan tersebut disampaikan Fachrori dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Penelitian dan Pengembangan Daerah (Rakorlitbangda) Provinsi Jambi Tahun 2018 di Hotel Odua Weston, Kota Jambi, Kamis (3/5).

Tema Rakorlitbangda tersebut adalah “Melalui Inovasi Kita Tingkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Berbasis Produk Unggulan Daerah Guna Peningkatan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah menuju Jambi TUNTAS 2021.”

Fachrori mengharapkan supaya Balitbangda bisa menjadi motor penggerak program pembangunan, untuk itu, Balitbangda harus bisa menciptakan inovasi yang berkaitan dengan urusan pemerintahan, birokrasi, dan pelayanan publik, yang selanjutnya diharapkan meningkatkan kinerja pemerintahan.

Fachrori mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi dalam pemerintahan semakin komplek, terutama dalam penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Guna mengatasi berbagai tantangan tersebut dibutuhkan terobosan-terobosan melalui inovasi, yang kontributif dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pemerintahan dan pembangunan.

Fachrori menyatakan, Balitbangda harus cepat dan tepat menganalisis berbagai isu, yang kemudian dikaji secara mendalam, dan mampu memberikan masukan yang sangat berarti bagi pengambilan kebijakan.

Selanjutnya, Fachrori mengingatkan Balitbangda dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tidak bosan-bosannya dan tiada henti-hentinya untuk belajar, demi peningkatan kompetensi, yang sangat bermanfaat dalam inovasi pembangunan.
Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi, Ir.Azrin,M.Si menyatakan, tujuan diselenggarakannya Rakor Litbangda Provinsi Jambi Tahun 2018 ini adalah untuk menyatupadukan (sinkronisasi) penelitan dan pengembangan pusat dengan daerah serta meningkatkan inovasi daerah yang diharapkan bisa meningkatkan kinerja pemerintahan.

Azrin menyampaikan, Rakor Litbangda ini diikuti oleh 140 orang, terdiri dari Kepala Litbang Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, para perwakilan dari OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Balitbangda dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan, akademisi perguruan tinggi Provinsi Jambi, Dewan Riset Daerah Provinsi Jambi, serta beberapa orang peneliti Provinsi Jambi.
Pada kesempatan tersebut dilakukan Penandatangananan Kesepakatan Bersama Pemerintah Provinsi Jambi dengan Kepala Balitbang Industri Kementerian Perindustrian, yang disaksikan oleh Plt. Gubernur Jambi. Dari Pemerintah Provinsi Jambi, penandatanganan dilakukan oleh Asisten I Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.Arpani

Sumber : Humas Pemprov

Editor : Endang