Fachrori Tegaskan PKK Berperan Wujudkan Generasi Berkualitas

Jumat, 04 Mei 2018 - 08:40:32 | dibaca: 113 kali


Plt Gubernut Fachrori membuka Jambore TP PKK Provinsi Jambi Tahun 2018
Plt Gubernut Fachrori membuka Jambore TP PKK Provinsi Jambi Tahun 2018 /

RADARJAMBI.CO.ID,- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi,  H.Fachrori Umar, menegaskan pentingnya peranan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dalam mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan berkualitas. Pernyataan ini disampaikannya saat membuka Jambore TP PKK Provinsi Jambi Tahun 2018 dengan tema Tingkatkan Kinerja Perkuat Kemitraan dan Sinergitas untuk Mendukung Terwujudnya Keluarga Sejahtera dan Jambi TUNTAS 2021, bertempat di komplek Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi, Kamis (3/5).

Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori dan Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi Hj.Netta Ariani Dianto ikut serta dalam pembukaan Jambore PKK tersebut. Tampak hadir bupati/ walikota se Provinsi Jambi dan Ketua TP PKK se Provinsi Jambi, Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. Kegiatan ini akan berakhir pada tanggal 4 Mei 2018.

Disampaikan Plt. Gubernur bahwa acara ini terlaksana merupakan hasil kerjasama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dari unsur TP PKK se Provinsi Jambi ." Untuk itu pupuk dan jalin hal hal baik yang telah berjalan hingga TP PKK dapat memberikan yang terbaik bagi Provinsi Jambi . Tim Penggerak PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga melalui para kadernya karena keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan serta keluarga sebagai lingkungan sosial pertama dalam kehidupan manusia dari keluarga diharapkan dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat menerima dan meneruskan meneruskan estafet pembangunan"ujar Gubernur.

Fachrori mengharapkan agar Jambore PKK dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran serta tim dan kader penggerak PKK dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat. "Saya berpesan kepada seluruh kader PKK dan peserta Jambore agar kegiatan ini dapat dijadikan modal memupuk kebersamaan dan ajang silaturahmi, saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang meningkatkan kemampuan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan persahabatan yang dapat memotivasi para kader untuk menunjang terwujudnya keluarga sehat dan sejahtera,, dan berbagai perlombaan yang diadakan sebagai rangkaian acara jambore PKK ini  diharapkan  melahirkan keterampilan dan kreativitas yang tinggi dimana dengan 10 Program Pokok PKK apabila terwujud, tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jambore PKK Provinsi Jambi merupakan wadah untuk menjalin silaturahmi antar kader PKK dan wadah untuk menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan kader PKK yang ada di Provinsi Jambi.

"Kita semua berharap pelaksanaan Jambore ini dapat dijadikan bekal Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota dalam mengelola PKK di daerah masing-masing. Perlu saya sampaikan bahwa dalam pengelolaan PKK permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing daerah tidak sama sesuai dengan gerak langkah pembangunan yang dilaksanakan. Oleh karenanya, melalui momen Jambore PKK ini, kita dapat bertukar pikiran dan bertukar pengalaman dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Inilah yang kita harapkan dari penyelenggaraan Jambore PKK," ujar Rahima.

Rahima mengemukakan, PKK sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan terus berupaya membantu pemerintah dalam mewujudkan Jambi yang lebih baik sesuai kemampuan dan kewenangan yang dimiliki. “Mudah-mudahan para kader PKK mampu menjadi motor penggerak tercepat untuk mencapai target sesuai dengan amanah yang diberikan. Untuk itu, kita harus menjadi relawan yang profesional tangguh dan terpercaya serta berpengetahuan. Manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya untuk pengembangan diri sehingga dalam menjalankan peran kita ke depan dapat lebih baik dan penuh semangat," jelas Rahima.

Sebelumnya, Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi Hj.Netta Ariani Dianto selaku Ketua Panitia dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu agenda tahunan TP PKK yang digunakan secara berjenjang, tingkat pusat, provinsi hingga ke tingkat kabupaten/kota.

"Jambore ini merupakan ajang kreativitas dan untuk kinerja para kader PKK, serta menjadi forum silaturahmi pembinaan dan pemberian penghargaan kepada para kader PKK yang berprestasi.  Jambore PKK Provinsi Jambi tahun ini dikemas dalam berbagai kegiatan lomba seperti Lomba Kesekretariatan, Lomba Pokja 1 sampai dengan Pokja 4 dan terdapat 12 jenis lomba serta pameran dan bazar yang diikuti oleh Mitra TP PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi," tutur Netta Dianto.

Reporter : Endang