Puasa Ramadan dan Final Liga Champions, Salah Pilih Mana?

Jumat, 04 Mei 2018 - 08:53:21 | dibaca: 280 kali


Mohamed Salah
Mohamed Salah /

Radarjambi.co.id, LIVERPOOL - Empat pemain muslim, Mohamed Salah, Sadio Mane dan Emre Can (Liverpool) serta Achraf Hakimi (Real Madrid) akan melakoni final Liga Champions dalam masa puasa Ramadan.

Final Liga Champions yang mempertemukan Real Madrid dan Liverpool akan digelar di Kiev, 27 Mei atau sepuluh hari awal Ramadan. Pertanyaan pun muncul, bagaimana persiapan empat pemain tersebut di tengah ibadah puasa?

Tak bisa dielakkan, nutrisi pemain selama Ramadan tak sama saat hari biasa. Liverpool dan Real Madrid juga pasti tak mau mengambil risiko membiarkan pemain muslimnya kekurangan asupan selama persiapan final Liga Champions. Bagaimana mereka menyikapi?

Dari keterangan rekan-rekan satu tim mereka, empat pemain tersebut termasuk yang taat ibadah. Dalam sebuah wawancara dengan Radio Marca, bek Liverpool Alberto Moreno memberikan jawaban saat ditanya tanggapannya soal latihan Salah saat Ramadan.

"Ketika Ramadan datang, saya akan makan dan minum untuk dia. Itu yang bisa saya lakukan," ujar Moreno.

Sejumlah pemain muslim lainnya seperti Mesut Ozil pernah melewatkan hari puasa Ramadan saat Euro 2016 dan menebusnya di hari lain sebelum Ramadan berikutnya datang. Namun, cara tersebut tidak populer atau tak dianjurkan dalam Islam, karena Ramadan adalah bulan istimewa. (jpnn)