Fasya -Maulana, Al Haris-Mashuri, Zainal-Arsal Ungguli Lawan

Rabu, 27 Juni 2018 - 20:33:21


/

Radarjambi.co.id-JAMBI- Perolehan suara tiga daerah di Provinsi Jambi, Kota Jambi, Kabupaten Kerinci dan Merangin sudah diketahui melalui desk Pilkada yang diselengarakan.

Berdasarkan Real count penghitungan suara yang dilakuka Pemkot Jambi sudah berakhir malam kemarin sekitar pukul 17.55 WIB.

Dari penghitungan yang dilakukan pasangan nomor urut 2 Fasha-Maulana berhasil unggul dengan mengumpulkan suara sebanyak 155.340 suara atau 54,64 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Abdullah Sani-Kemas Alfarizi mengumpulkan 123.844 suara atau 44,36 persen.

Disampaikan Sekda Kota Jambi, Budidaya penghitungan yang dilakukan bukan merupakan suara resmi.

"Kalau hitungan resmi tetap dari KPU," kata Budidaya.
Terkait dengan partisipasi warga dia mengatakan tingkat partisipasi warga cukup tinggi di angka 74 persen.

Menurutnya, warga yang tidak menggunakan hak pilih dikarenakan beberapa hal.
"Seperti guru belum masuk sekolah mungkin masih berlibur atau pulang kampung. Begitu juga dengan anak yang baru lulus sekolah mungkin sudah keluar daerah melanjutkan pendidikan," tukasnya.

Sementara itu di Kabupaten Merangin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin merekap gambaran hasil suara Pilkada Merangin melalui Desk Pilkada yang dilakukan di ruang pola kantor Bupati Merangin.

Hingga pukul 17. 15 WIB, pasangan calon bupati dan wakil bupati Merangin nomor urut 2, Al Haris-Mashuri, untuk sementara unggul dari dua pasangan lainnya.

Dari hasil Desk Pilkada, Haris-Mashuri sejauh ini mengumpulkan 79.723 suara.
Sementara itu, pasangan nomor urut 3 Nalim-Khafid Moein memperoleh 62.648 suara, dan pasangan nomor urut 1 Ahmad Fauzi Ansori-Sujarmin memperoleh 36.412.

Hingga sore kemarin, proses imput data di Desk Pilkada Pemkab Merangin masih berlangsung. Total suara masuk baru mencapai 178.873 suara.

Di Kabupaten Kerinci berdasarkan hasil hitung cepat, pasangan Zainal Abidin-Arsal Apri unggul sementara di Pilkada Kerinci.

Pasangan yang diusung Gerindra dan PKB ini memimpin perolehan suara sementara dengan rivalnya pasangan Monadi-Edison dan Adirozal-Ami Taher.
Ini berdasarkan hitungan cepat yang dilakukan tim pasangan Zainal Abidin-Arsal Apri, Rabu (27/6).

Pasangan nomor urut 3 ini memperoleh 50,54 persen, Monadi-Edison mendapatkan 21,28 persen dan Adirozal-Ami Taher 29,35 persen.
Hingga pukul 17.00 WIB kemarin, perolehan suara masih terus bertambah mengingat suara dari beberapa daerah masih belum masuk sepenuhnya.

Syarif Fasha bersama istri dan anaknya sulungnya melaksanakan pencoblosan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi, bertempatkan di TPS 07, RT. 11 dan 12 Kelurahan Sungai Putri Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi, Rabu pagi (27/6).

Tidak ada acara ritual khusus yang dilakukan oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.
Istri Wali Kota Jambi, Yuliana Fasha menyampaikan bahwa tidak ada ritual khusus aktifitas yang dilakukan oleh Wali Kota Fasha sebelum mendatangi TPS, kegiatan yang dilakukannya itu seperti hari-hari biasa saja.

"Bangun sholat shubuh, Habis sholat sampai selesai shubuh biasanya baca koran. Selesai baca koran olah raga, mandi, terus serapan. Tidak ada ritual khusus, berdoa tidak ada, biasa-biasa saja, semua itu sudah diatur sama Allah dan atas izin ALLAh menang atau kalah biasa saja " ujarnya usai melaksanakan pencoblosan di TPS 07, Kelurahan Sungai Putri RT 11 dan RT 12.

“Semuanya tergantung izin Allah saja dan sudah di atur oleh Allah, jika Allah berkehendak menang ya Alhamdulilah, jika tidak ya itu pasti yang terbaik, saya tidak pernah meminta kepada siapapun untuk membantu memilih, sesuai hati nurani saja” ujar Yuliana Fasya.

Fasha mengatakan bahwa dirinya berharap Pilkada tahun 2018 ini berlangsung aman, tertib, dan lancar, tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya selaku pribadi apa pun hasilnya, selaku paslon kami berserah diri kepada Allah SWT. Mana yang terbaik menurut Allah, itulah yang terbaik bagi kami," ujarnya.
Pasangan Abdullah sani-kemas Alfarizi unggul di TPS 11 Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Paal Merah. Di TPS ini adalah tempat Abdullah sani mencoblos.

Calon Bupati Kerinci, Zainal Abidin, memilih untuk menggunakan hak pilihnya pada akhir-akhir masa pencoblosan.

Didampingi Istri, Zainal Abidin tiba di TPS Koto Iman sekitar pukul 11.45 WIB.
Tampak Zainal Abidin datang bersama sejumlah tim pemenangan.

Pantauan media ini, kedatangan Zainal dan isti langsung disambut petugas KPPS layaknya pemilih lainnya.

Dia diberikan surat suara untuk dicoblos di dalam bilik suara.
Di TPS, Zainal juga tampak menyalami warga yang menggunakan hak pilihnya.

Bupati Al Haris yang merupakan kandidat calon Bupati juga ikut nyoblos.
Setelah sempat lupa membawa e-KTP, Al Haris bersama istri akhirnya telah selesai menyalurkan hak politiknya .

Dia mencoblos di TPS 36 Pematang Kandis, Bangko.
Terlihat senyumnya bersama istri saat memperlihatkan surat suara yang dipergunakannya untuk mencoblos kepada masyarakat.

 

tim

editor :Ansory