Jambi Satu dari 18 Provinsi yang Dilintasi Kirab Obor Asian Games 2018

Selasa, 17 Juli 2018 - 17:14:34


Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si /

RADARJAMBI.CO.ID,-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si menyatakan bahwa kirab obor Asian Games  XVIII 2018 akan disambut dan diarak dengan rangkaian kesenian tradisional. Rombongan kirab obor ini akan didaulat sebagai tamu kehormatan dan akan disambut dengan tarian selamat datang yang akan dimulai di Ruang VIP Room Bandara Sultan Thaha Jambi.  Kirab obor Asian Games XVIII 2018 akan berada di Provinsi Jambi pada 3 Agustus 2018 setelah sebelumnya berada di Sumatera Barat. Pernyataan ini disampaikannya usai memimpin Rapat Persiapan Penyambutan Torch Relay (Kirab Obor) Asian Games 2018, Jumat (12/7), bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Sekda mengemukakan, ada kebanggaan tersendiri ketika Provinsi Jambi terpilih diantara 34 Provinsi di Indonesia yang disinggahi obor Asian Games 2018 . “Pertama kita akan menyambut kedatangan  para pembawa obor, ini adalah tamu kehormatan untuk provinsi kita dan akan disambut dengan tarian selamat datang, kegiatan di sekitar kirab ini akan dikelilingi oleh seluruh pesilat di Jambi dan akan mengawal dan kita akan menampilkan tarian kreasi baru. Pembawa obor akan didampingi oleh bujang gadis Jambi, kearifan lokal  akan mengawal dan kita akan mengupayakan yang terbaik bagi rombongan,” ujar Sekda.

“Sedangkan  di Muaro Jambi akan dihiasi dengan umbul umbul, dan ketika hadir memasuki kawasan Candi Muaro Jambi akan dirasakan kemeriahan dan antusiasme masyarakat yang merasakan kegembiraan bahwa candi Muaro Jambi menjadi lokasi kunjungan dari kirab obor Asian Games” lanjut Sekda.

Pada sesi wawancara, Sekda memaparkan secara detail rute yang akan dilalui kirab obor Asian Games 2018 di Provinsi Jambi. “Kegiatan hari ini adalah rapat tentang kirab obor Asian Games 2018 yang pada 3 Agustus ini  akan mampir ke Jambi setelah sehari sebelumnya berada di Sumatera Barat, akan kita terima di VIP Room bandara. Setelah sarapan akan meluncur ke kawasan Candi Muaro Jambi dan rangkaiannya akan disambut oleh Wakil Bupati dan akan diserahkan kepada ibu Bupati Muaro Jambi, setelah itu akan istirahat, makan siang dan Sholat Jumat di Gubernuran Jambi. Selanjutnya Obor Asian Game 2018 akan dibawa oleh beberapa orang pelari terutama atlit Provinsi Jambi yang namanya sudah mendapatkan mendali di tingkat nasional,” terang Sekda.

Sekda menjelaskan rute Kirab Obor Asian Games 2018, yaitu: Rumah Dinas Gubernur Jambi - RS Polisi - Kampus Unja lama menuju Simpang Bata - Hotel Makmur - Mesjid Agung, Museum Perjuangan – Broni- simpang Museum lurus ke arah SMA 1 - Ttugu Juang - Simpang Bawah Transito  - belok kanan Kantor Imigrasi, - Simpang BI  - Kantor Gubernur Jambi.

Sekda mengatakan, setiap 500 m yang membawa obor  akan bergantian didampingi oleh pelari dari TNI dan Polri. “Saya selaku Sekda sekitar 200 meter membawa  estafet terakhir dan akan diserahkan kepada Plt.Gubernur Jambi di depan Kantor Gubernur Jambi,  dan sekitar jam 5 sore akan kembali ke bandara VIP Room Bandara Sultan Thaha Jambi untuk selanjutnya dibawa (menggunakan esawat) ke Sumatera Selatan,” tutur Sekda.

Hadir pada kesempatan ini diantaranya Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi  Johansyah SE,ME, Kadispora Provinsi Jambi Drs.H. Wahyuddin,M.Pd, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Drs.Ujang Hariadi.

Reporter : Har

Editor : Ansori