Mayoritas Parpol Sarolangun Daftarkan Caleg di Hari Terakhir

Selasa, 17 Juli 2018 - 23:27:52


Terlihat sejumlah pengurus Parpol yang mendaftarkan Caleg di KPUD Sarolangun pada Selasa (17/7), siang hingga sore
Terlihat sejumlah pengurus Parpol yang mendaftarkan Caleg di KPUD Sarolangun pada Selasa (17/7), siang hingga sore /

radarjambi.co.id,SAROLANGUN, RJ – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan partai Golkar mengambil langkah lebih cepat mendaftarkan Caleg ke KPUD Sarolangun, jika dibandingkan dengan 14 Parpol lainnya yang ikut pesta demokrasi Pileg 2019. Kedua partai tersebut mendaftarkan Caleg ke KPUD pada Senin (16/7).

Mayoritas Parpol di Kabupaten Sarolangun lebih dominan mendaftarkan Caleg di hari terakhir. Jika berdasarkan pantauan radarjambi.coi.id di sekretariat KPUD Sarolangun pada Selasa (17/7) hingga pukul 23.00 WIB, adapun Parpol yang sudah mendaftarkan Caleg ke KPUD Sarolangun, yakni PKB, Demokrat, PDI Perjuangan, PKS, Perindo, PAN, Berkarya, Gerindra dan NasDem, Hanura dan PBB.

Namun, pendaftaran Caleg PBB, PKPI dan Garuda masih ditunggu oleh KPUD Sarolangun hingga pukul 24.00 WIB.

Ketua KPUD Sarolangun, Muhammad Fakhri saat dimintai keterangan pada Selasa (17/7), siang mengatakan, tercatat tiga Parpol yang belum berkoordinasi terkait dengan pendaftaran Caleg, diantaranya,  PKPI, PSI dan Garuda.

“Kami tidak bisa menyimpulkan bahwa tiga pengurus Parpol yang tidak berkoordinasi dengan KPUD, bahwa mereka tidak melakukan pendaftaran Caleg ke KPUD Sarolangun. Pada prinsipinya, Parpol tidak mesti harus berkoordinasi dengan kami, jika ingin mendaftarkan Caleg, tapi kami sifatnya menunggu pendaftaran Parpol, sesuai dengan jadwal yang pendaftaran Caleg yang ditetapkan,”sebutnya.  

Menariknya, jika hasil koordinasi dengan sejumlah ketua Parpol yang sudah melakukan pendaftaran Caleg di KPU Sarolangun, seperti Ketua, PPP, H Hurmin SE, Sekretaris Golkar, H Cek Endra, Ketua PKB, M Fadlan Arafiqi SE MH, Ketua Demokrat, Musharsyah SE, Ketua PDI Perjuanagan, Sahrial Gunawan, Ketua PKS, H Hapis Hasbiallah SE, Ketua PAN, Hermi SSos, kesemuanya mengklaim, bahwa partai yang dimotorinya tersebut bisa meraih predikat sebagai pemenang Pileg 2019 dan memiliki perwakilan untuk menduduki kursi empuk pimpinan DPRD Sarolangun 2019-2224.   

“Secara umum Caleg PKS yang ikut kompetisi Pileg 2019 merupakan Caleg potensial, Insya Allah minimal satu kursi bisa diraih pada masing-masing Dapil,”ujar Ketua DPD PKS, H Hapis Hasbiallah yang juga Caleg PKS untuk DPRD Provinsi Jambi Dapil Sarolangun - Merangin.

 

Penulis : Ciz Charles R