PAW Demokrat, DPRD Sarolangun Menunggu SK Gubernur Jambi

Kamis, 06 September 2018 - 11:54:37


Pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun 2014-2019 dan Sekwan
Pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun 2014-2019 dan Sekwan /

Radarjambi.co.id, SAROLANGUN- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun sudah memproses Pergantian Antar Waktu  (PAW) anggota DPRD fraksi Demokrat, H Musharsyah yang akan digantikan H Akmal. Beberapa waktu yang lalu usulan PAW sudah dilayangkan sekretariat dewan Sarolangun ke Pemprov Jambi untuk meminta penetapan dan persetujuan Gubernur Jambi alias Surat Keptusan (SK). Sebelumnya, sekretariat dewan juga sudah melayangkan surat ke KPU Sarolangun untuk meminta persetujuan nomor urut sebagai pengganti H Musharsyah.

Ketua DPRD Sarolangun, H Muhammad Syaihu saat dimintai keterangan Rabu (6/9), sore membenarkan, jika proses PAW anggota DPRD partai Demokrat  asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sarolangun dua, yakni meliputi Kecamatan Pauh, Aithitam dan Mandi Angin sedang dalam proses.

“Pengangkatan H Akmal sebagai anggota Anggota DPRD Kabupaten Sarolangun masa jabatan 2014-2019 akan dilakukan melalui sidang paripurna, kita masih menunggu SK Gubernur Jambi,’sebutnya.

Menurut H Muhammad Syaihu, tidak ada kendala dalam proses PAW yang akan dilakukan ini. Hanya saja, pengusulan PAW dari partai bersangkutan sedikit agak terlambat diterima, tapi politisi asal Dapil Pelawan dan Singkut tersebut menilai tidaklah menjadi masalah.

“Jika SK Gubernur sudah turun, Inysa Allah persemian dan pengangkatan H Akmal sebagai anggota DPRD Sarolangun masa jabatan 2014-2019 akan segera dilaksnakan,”ucapnya.

Terpisah Ketua KPUD Sarolangun, Muhammad Fakhri ketika dimintai keterangan beberapa waktu yang lalu, mengakui jika  berdasarkan hasil Pemilihan Legislatif partai Demokrat Dapil dua untuk priode 2014-2019, maka diketahui suara terbanyak kedua setelah Mushrasyah, yakni bernama Suseno, tapi saat ini yang bersangkutan sedang menjabat sebagai kepala desa di salah satu desa yang berada di Kecamatan Air Hitam, namun suara terbanyak ketiga, yakni Akmal.

"Jika mengacu pada suara terbanyak, maka nama H Akmal merupakan pengganti H H Musharsyah, Kendati ada nama Suseno, tapi ia sedang menjabat sebagai Kades dan sebelumnya sudah mengundurkan diri dari partai Demokrat, maka dibawa suara terbanyak Suseno ada nama Akmal,"kata Fakhri.

Perlu Diketahui, H Musharsyah merupakan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sarolangun yang masih aktif, PAW yang bakal dilakukan ini dikarenakan H Musharsyah sudah muengundurkan diri sebagai anggota DPRD Sarolangun masa jabatan 2014-2019, sebab mengikuti Pilkada Sarolangun 2017, yang mana saat itu, H Musharsyah adalah Cawabup pendamping H Muhammad Madel.

 

Penulis : Ciz Charles R