Bupati dan Wabup Dampingi Mentan RI

Selasa, 11 September 2018 - 23:43:59


Mentan melakukan penanaman kelapa sawit
Mentan melakukan penanaman kelapa sawit /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Bupati Muarojambi Hj Masnah dan Wakil Bupati Bambang Bayu Suseno Senin mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) RI Arman Sulaiman ke Sungai Bahar, Desa Ujung Tanjung, Bahar Selatan Kabupaten Muarojambi.

Dalam kunjungan tersebut Mentan melihat deretan kebun kelapa sawit di Sungai Bahar. Mentan mengatakan jika tidak semua wilayah di Indonesia dilakukan Replanting tanaman kelapa sawit.

Menurut Menteri Pertanian bahwa pihaknya melihat jumlah atau luasan lahan tanaman tua, dan kemudian memetakan untuk dilakukan replanting.

"Kita melihat jumlah tanaman tua, kemudian kita petakan, di mana yang paling banyak di situ kita lakukan replanting," ujarnya saat di wawancarai

Selain itu, dalam kesempatan ini Ia juga menyampaikan bahwa program replanting terhadap tanaman kelapa sawit ini sangat penting. Ia mengatakan bahwa ada empat hal yang paling penting dalam replanting ini.

"Pertama dalam sejarah ada bantuan Rp 25 juta untuk satu hektare, yang kedua dalam sejarah bantuan bibit dengan kualitas bagus kita berikan gratis. Kemudian yang ketiga adalah kita berikan tanaman jagung, kemudian keempat kita berikan Alsintan," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa, pemberian bibit berkualitas ini sangat diperlukan. Pasalnya jika bibit salah atau tdak berkualitas maka akan mendapatkan penyesalan selama 25 tahun.

"Yang paling terpenting adalah kita memberikan bibit yang berkualitas. Kalo bibit salah 25 tahun penyesalan dan itu kita lindungi," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Masnah mengatakan Kedatangan Menteri Pertanian ini bertujuan ingin mengetahui tentang tanaman kelapa sawit dan penanaman jagung dan olahan lainya.

Hasil olahan para petani binaan Dinas Pertanian kabupaten Muaro Jambi dengan tujuan apabila ada kujungan atau yang berkaitan dengan holtikultural bisa melihat di satu tempat.

“Semoga dengan kunjungan ini bisa membawa Muaro Jambi lebih maju dan berkembang dalam bidang holtikultura,”tuturnya.

Selain itu Bupati menjelaskan, tamu rombongan akan secara langsung melihat dilapangan semua produk unggulan hasil pertanian dan akan membawa bibit-bibit yang bagus untuk dikembangkan di daerahnya.

 

Reporter : Ansory S