Sekda : Pemprov Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2019

Selasa, 25 September 2018 - 17:05:21


Mendengarkan teleconference Penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019
Mendengarkan teleconference Penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 /

RADARJAMBI.CO.ID.-Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M. Dianto menyatakan bahwa pemerintah Provinsi Jambi siap bersinergi bersama TNI dan Polri dan penyelenggara Pemilu untuk mensukseskan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

Pernyataan ini disampaikan usai mendengarkan teleconference Penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 dari Jakarta yang dipimpin oleh Menkopolhukam Wiranto. Acara ini dihadiri oleh Kapolda Jambi Irjen Pol.Muchlis AS, Danrem 042/Gapu Kol Inf. Dany Budianto,pimpinan Kepala Daerah tk II,Senin (24/9) bertempat di Polda Jambi.

Sekda menjelaskan bahwa diamanatkan oleh Mendagri bahwa tugas pemerintah daerah adalah untuk menyediakan anggaran dan fasilitas penyelenggaraan Pemilu.

"Kalau melihat dari apa yang diamanatkan oleh Mendagri tadi bahwa pemerintah daerah itu harus memberikan support dan dukungan terhadap pelaksanaan Pileg dan Pilpres ini artinya pemerintah daerah yaitu di bidang anggaran dan juga dengan fasilitas untuk pengamanan untuk mewaspadai politik anggaran dan penyalahgunaan fasilitas negara dan juga untuk menjaga netralitas ASN jadi sama dengan TNI /Polri bahwa pemerintah daerah juga harus menjaga para ASN jangan ikut berpolitik praktis dan tidak dibenarkan dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku .Karena itulah pemerintah daerah pimpinan daerah harus bisa menjaga netralitas ASN dalam rangka Pileg dan Pilpres,"ujar Sekda.

Sementara itu Kapolda Jambi menyatakan bahwa pertemuan ini dihadiri adalah rapat kerja yang dipimpin oleh Menkopolhukam dihadiri oleh panglima TNI Kapolri ,Mendagri,KPU, Bawaslu Pusat.

" Pertemuan ini adalah mensinergikan pola tindak dan cara pencegahan menghadapi Pemilu tahun 2019, yang pertama adalah sinergitas seluruh aparat pengamanan ataupun penyelenggaraan pemilu.

Kita bersama-sama bersinergi, yang kedua adalah untuk aparat keamanan aparatur sipil negara TNI Polri dan ASN untuk menjamin netralitas dalam menghadapi pemilu dan yang ketiga adalah profesionalitas daripada seluruh penyelenggara Pemilu khususnya KPU dan Bawaslu sampai ke tingkat KPPS itu penting dalam rangka mengurangi konflik, konflik nantinya sampai ke perhitungan dan penetapan hasil perhitungan suara Pileg maupun Pilpres yang terakhir adalah untuk peran serta seluruh pemangku kepentingan elemen masyarakat tokoh agama, tokoh pemuda, LSM termasuk juga media untuk bisa menyejukkan suasana agar Pemilu ini bisa berjalan sejuk aman dan damai itu yang paling penting"ujar Kapolda.

Sementara itu Danrem 042/GAPU juga menegaskan bahwa TNI akan mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 Kol Inf. Dany Budianto menyatakan bahwa TNI akan menjaga netralitas tidak terlibat dalam politik praktis dan TNI akan menyiapkan pasukan untuk membackup tugas kepolisian dari tahap awal ini sampai dengan hari akhir untuk perhitungan-perhitungan sudah dikoordinasikan dengan pihak Polda yang ketiga TNI dan keluarga besar TNI turut serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan damai ,sejuk dan aman,"ungkap Danrem.

Sumber : Humas Pemprov