Wabup Buka Bursa Inovasi Desa

Selasa, 25 September 2018 - 20:52:14


Wabup memberikan sambutan pada pembukaan inovasi desa.
Wabup memberikan sambutan pada pembukaan inovasi desa. /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno (BBS) Selasa (25/9) secara resmi membuka Bursa Inovasi Desa di gedung serba guna Kabupaten Muarojambi.

Pembukaan bursa inovasi desa ini turut dihadiri, Anggota DPR RI Komisi V, Ketua DPRD Muarojambi, Sesdirjen Kementrian Desa dan PDT, Kadis P3AP2 Provinsi Jambi, para OPD di lingkungan Pemkab Muarojambi, Forkopimda, TAPM, PD dan PLD, para Kepala Desa, BPD, TP-PKK, para undangan dan seluruh peserta bursa inovasi desa.

Dalam sambutan nya, BBS menyampaikan, Bursa Inovasi Desa ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi di lingkup Kabupaten Muarojambi.

“Bursa inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan Inovasi di tingkat Kabupaten Muarojambi,” kata BBS.

Dilanjutkan BBS, maksud pelaksanaan bursa inovasi desa adalah untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi bagi penyelesaian masalah.

“Serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang efektif dan inovatif,” paparnya.

BBS bilang tujuan pelaksanaan bursa inovasi dan seminar inovasi desa salah satu dari tujuh poin adalah sebagai mendiseminasikan informasi pokok terkait program inovasi desa (PID) secara umum, Serta program pengelolaan pengetahuan dan inivasi desa secara khusus.

“Memperkenalkan inisiatif dan inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan maslah dan menjalankan kegiatan pembangunan,” ujar politisi PAN ini.

Di akhir sambutannya, BBS mengatakan, dengan Pemkab Muarojambi sebagai leading sektor Bursa Inovasi Desa ini dapat melakukan replika dari contoh contoh Inovasi yang disajikan pada kegiatan ini serta dapat dilaksanakan di tingkat desa dengan support dari OPD terkait.

“Agar replikasi bernilai guna dan dapat mewujudkan Muarojambi tuntas 2022 bagi bumi sailun salimbai,” pungkasnya.

Di penghujung acara, Wakil Bupati Muarojambi BBS didampingi Raden Najmi, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Muarojambi menyerahkan klaim Jaminan Hari Tua (JHT), dan Klaim Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS kepada Masyarakat beberpa masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut.

 

Reporter : Ansory S