39 Kades Terpilih Sarolangun Resmi Dilantik dan Diambil Sumpah

Rabu, 26 September 2018 - 10:45:39


Saat berlangsungnya pelantikan dan pengambilan sumpah 39 Kades Kabupaten Sarolangun terpilih 2018 secara e-Voting
Saat berlangsungnya pelantikan dan pengambilan sumpah 39 Kades Kabupaten Sarolangun terpilih 2018 secara e-Voting /

Radarjambi.co.id,SAROLANGUN - Sebanyak 39 Kades terpilih dalam helatan demokrasi Pilkades secara e-voting Kabupaten 2018, akhirnya resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Bupati Sarolangun, Drs H Cek Endra.

Pelantikan Kades digelar di lapangan Gunung Kembang, tepatnya di pendopo Rabu (26/9) sekitar pukul 10.00 WIB.

Salah satu isi sumpah jabatan tersebut, yakni akan memenuhi kewajiban sebagai Kades dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya, adil, taat mengamalkan serta mempertahankan pancasila dan UUD 1945.

Pelantikan Kades juga disertai dengan penandatangan berita acara pelantikan dan penyematan tanda jabatan oleh Bupati, Drs H Cek Endra.

Bupati Sarolangun, H Cek Endra dalam kata sambutan menyebutkan penerapan sistem e-voting di Pilkades Sarolangun 2018 merupakan yang pertama kalinya, dan penerepan yang kedua di Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Predikat sukses pada siatem e-voting, maka Pilkades sistem e-voting juga akan dilaksanakan pada Pilkades seri tiga 2020.

"Alhamdulillah sistem e-voting yang diterapkan di Pilkades cukup menggemberikan, bisa berjalan aman dan damai,"kata H Cek Endra.

Dikatakan H Cek Endra, Kades yang dilantik diminta menjalankan tugas dengan baik dan mampu berinovasi dengan istilah yang diwariskan Presiden RI, Ir Joko Widodo kerja, kerja, kerja nyata, sehingga bisa bersinergi dengan visi misi Kabupaten Sarolangun sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD.

"Kondusifkan desa-desa yang dipimpin, hilangkan politik Pilkades yang sudah berlalu dan bersikaplah adil,"sebutnya.

Bupati menyarankan Kades yang dilantik untuk menegakkan hukum adat. 

"Upayakan penegakan adat di desa, bentukkan lagi pengurus adat,"cetusnya

Ditambahkan H Cek Endra, jalanilah roda pemerintahan sesuai dengan aturan baik sisi program dan anggaran.

"Pelajarilah Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Kades sesuai dengan aturan yang berlaku,"bebernya.

Berdasarkan pantauan dilapangan Gunung Kembang, suasana pelantikan berlangsung ramah dan damai. Hadir diacara pelantikan, Ketua DPRD, H Muhammad Syaihu, Kapolres, AKBP Dadan Wira Laksana SIK, Kepala Pengadilan Negara Sarolangun, perwakilan Kejari, OPD. Menariknya saat berlangsungnya acara pelantikan suasana Gunung Kembang dipadati oleh ribuan tamu yang berasal dari pihak keluarga Kades yang dilantik.

Sementara itu, keamanan di lapangan Gunung Kembang juga diperketat oleh aparat kepolisian, TNI dan Sat Pol PP.

 

Penulis : Ciz Charles R