Sekda Hadiri Festival 1000 Kopi Kerinci

Minggu, 07 Oktober 2018 - 17:16:56


Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) Cabang Jambi menggelar aksi 'Kantong Kolektif GMNI Jambi guna penggalangan dana bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami Palu-Donggala.
Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) Cabang Jambi menggelar aksi 'Kantong Kolektif GMNI Jambi guna penggalangan dana bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami Palu-Donggala. /

RADARJAMBI.CO.ID,-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengungkapkan, Provinsi Jambi mempersembahkan kopi untuk dunia melalui festival 1000 kopi Kerinci, karena kopi kopi yang ada di Jambi merupakan kopi yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Hal tersebut diungkapkan Sekda pada Festival 1000 Kopi Kerinci, bertempat di Kayu Aro Kabupaten Kerinci, Sabtu (06/10)  siang.

Festival 1000 Kopi Kerinci yang diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 06 s/d 07 Oktober 2018 ini juga menampilkan berbagai kesenian daerah Kerinci, salah satunya adalah Tari Tapuak Galambuang dan Tari Tgeak Gilo.
 
"Kita memiliki beberapa kopi yang kualitasnya terbaik di dunia, salah satunya adalah kopi Kerinci. Melalui festival ini, kita lebih memperkenalkan kopi Jambi ke seluruh Nusantara bahkan sampai ke penjuru dunia," ujar Sekda.
 
Sekda mengemukakan, kopi Kerinci sendiri meraih juara pertama saat mengikuti lomba pada Jakarta Coffee Week 2018 yang diselenggarakan di PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada tanggal 28 s/d 30 September 2018. Berdasarkan penilaian para juri, kopi Kerinci memiliki kualitas yang baik sehingga para juri menobatkan kopi Kerinci menjadi juara pertama. "Semoga, dengan diselenggarakannya Festival ini, kopi Kerinci bisa lebih dikenal dan lebih populer di Nusantara bahkan di mata dunia," kata Sekda.
 
Lebih lanjut, Sekda mengungkapkan, kopi Kerinci sendiri sudah dipesan oleh beberapa negara di dunia karena kualitasnya memang telah diakui dunia, terutama negara Amerika. "Kita juga sudah mengirimkan beberapa kontainer kopi untuk dipasarkan di Seatle, Amerika Serikat," ungkap Sekda.
 
Sekda juga mengharapkan, melalui festival ini dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat Jambi, baik itu pengusaha kopi maupun para petani kopi sendiri, sehingga nantinya kesejahteraan masyarakat Jambi juga ikut meningkat.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Drs.Ariansyah,ME menyampaikan, kopi Kerinci memiliki skor lebih tinggi dibandingkan kopi kopi lainnya yang ada di Indonesia. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi secara massive terus mempromosikan kopi Kerinci sehingga nantinya kopi Kerinci menjadi lebih populer di seluruh penjuru Nusantara, bahkan sampai ke dunia.
 
"Alhamdulillah, kopi Kerinci saat ini sudah mulai dicari oleh seluruh penjuru dunia, bahkan roastery dari Portland, Amerika datang ke Kerinci untuk melihat mulai dari budidaya kopi Kerinci sampai dengan proses kopi menjadi green beans dan roast beans," terang Ariansyah.

Ariansyah juga menghimbau kepada para pelaku usaha di Jambi seperti, rumah makan, cafe cafe dan hotel, untuk turut mempromosikan kopi Jambi, dengan menyediakan kopi Jambi di tempat usahanya, baik itu kopi liberika maupun kopi robusta yang menjadi kopi andalan di Provinsi Jambi.

SUMBER : HUMAS PEMPROV