Seleksi CPNS Banyak Tak Memenuhi Passing Grade

Minggu, 04 November 2018 - 20:22:12 | dibaca: 98 kali


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-KOTAJAMBI-Berdasarkan data hasil pelaksanaan ujian CPNS untuk Kota Jambi, peserta yang tidak lulus cukup banyak. Dari 1.478 peserta ujian CPNS Kota Jambi, yang dinyatakan lulus dan memenuhi nilai passing grade kurang dari 50 peserta.


Hal ini dikarenakan adanya 3 tes atau penilaian yang salah satu nilainya dibawah passing grade.

Sumardi, Kabag TU Kantor Regional 7 BKN Palembang mengatakan bahwa sampai saat ini peserta yang dinyatakan lulus hanya sekitar 20an dari ribuan peserta yang ikut ujian.

"Iya ini yang lulus sedikit sekali. Hanya sekitar 20 peserta. Tidak sampai 50 bahkan.

Tapi saya belum cek secara keseluruhan. Kalau untuk yang nilainya cumlaude ada 4 peserta itu lulus semua,"ujarnya saat ditemui di Hotel Cahaya Prima disela sela ujian CPNS peserta dari Tanjabbar, Jumat (2/11).

Jika banyak yang tidak lulus kompetensi dasar tersebut, tentunya banyak formasi yang akan kosong? Dirinya mengatakan bahwa hal tersebut tentunya akan menjadi pertimbangan bagi BKN.

Apakah ini juga terjadi secara nasional atau tidak. Sebab, proses ujian masih berlangsung untuk beberapa Kabupaten dan daerah lainnya.

“Tentu akan jadi pertimbangan. Bisa jadi ada kebijakam baru terkait hal ini. Sebab,banyak yang tidak lulus. Nanti kita lihat apakah ini (banyaknya peserta yang tidak lulus, red) juga berlaku secara nasional atau tidak," terangnya.

Sumardi menyampaikan bahwa kebanyakan peserta tidak lulus pada tes karakteristik pribadi. Sedangkan untuk tes wawasan kebangsaan dan intelegansi umum rata rata sudah memenuhi passing grade.

"Kebanyakan gagal di tes karakteristik pribadi. Ada yang nilainya tinggi di tes wawasan kebangsaan dan intelegansi umum namun rendah di tes karakteristik pribadi. Nah,kemungkinan ini nanti bisa jadi pertimbangan. Apakah nanti akan dirangking. Diambil nilai yang paling tinggi atau bagaimana,"terangnya.

Lalu,mengapa dari ribuan peserta,hanya 20an peserta yang dinyatakan lulus? Apakah soalnya terlalu sulit? Sumardi mengatakan bahwa dalam memilih pegawai CPNS, yang dinilai tidak hanya kecerdasan intelektual, namun juga yang tidak kalah pentingnya adalah kecerdasan emosional.

"Yang dicari bukan semata mata orang yang bisa berfikir secara cerdas. Namun juga orang yang bisa mengatur emosinya. Jadi yang dicari adalah orang yang benar benar memiliki kecerdasan emosional bukan ego sektoral. Selama ini itulah yang terjadi pada budaya kita. Itulah yang perlu dirubah mind set kita,"ujarnya.

Dijelaskannya khusus untuk Kota Jambi sendiri, dari 1562 peserta CPNS Kota yang lulus, yang tercatat hadir ikut ujian hanya sebanyak 1.478 peserta.

"Ada yang tidak hadir hingga 84 peserta. Mereka tidak hadir dengan berbagai alasan,"ujarnya.


Menurut Sumardi,selama dua hari pelaksanaan ujian CPNS yang dilaksanakan di hotel Cahaya Prima dan UPT BKN, berjalan lancar. Baik secara administrasi, peserta maupun secara teknik.

“Sejauh ini lancar namun jika ada masalah teknik di komputer,kita sudah menyediakan 50 laptop cadangan," ujarnya.


Dijelaskannya bahwa soal ujian terdiri dari 100 soal yang harus dikerjakan selama 90 menit. Soal dibagi menjadi tiga bagian. Tes wawasan kebangsaan nilai minimal 142, tes wawasan (intelijen umum) minimal 75 dan untuk nilai karakter pribadi minimal 80.


“Masing masing sudah ada nilai passing gradenya. Kalau dibawah nilai tersebut, berarti tidak lulus,”ujarnya.

 

 

Reporter   : Musriah

Editor       : Ansori