Pemprov Prediksi Banyak Kouta CPNS Tak Terpenuhi

Senin, 05 November 2018 - 20:48:05 | dibaca: 43 kali


Suasana Ujian CAT CPNS 2018 Provinsi Jambi
Suasana Ujian CAT CPNS 2018 Provinsi Jambi /

radarjambi.co.id-JAMBI-Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS untuk Provinsi Jambi, dimulai sejak Sabtu (3/11) lalu di Hotel Cahaya Prima Kota Jambi.

Hanya ada 235 formasi yang tersedia di Pemprov Jambi, yakni 170 kursi untuk tenaga pendidik dan 65 kursi untuk tenaga kesehatan. Sementara, peserta yang akan memperebutkan kursi itu ada sebanyak 4.276 orang.

Sekda Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan, hanya 6 persen saja yang akan diterima dari jumlah pelamar.

“Dari seluruh yang mendaftar, 4.276 orang lulus verfikasi. 422 tidak lulus. Ini yang memperebutkan 235 kursi. Kita berharap anak-anak kita yang ujian nanti, mendapatkan nilai yang sesuai dengan grade dari BKN,”katanya.

Dia mengatakan, dari pengalaman tes beberapa hari sebelumnya dari berbagai Kabupaten/kota, hanya beberapa orang saja yang lulus. Karena tidak memenuhi batas minimum nilai dari setiap kategori penilaian.

Bahkan, dia mengatakan dari satu sesi tes yang berjumlah 340 orang, tak sampai sepuluh orang saja yang lulus.

Dengan kondisi tersebut, dikhawatirkan kuota yang telah tersedia malah tidak terpenuhi. Apalagi ujian ini sudah menggunakan sistem komputer, dan hasilnya bisa langsung dilihat oleh setiap peserta.

Dia mengatakan, jika kuota yang tersedia tak terpenuhi, belum ada arahan dari BKN. Namun menurutnya untuk pelaksanaan CPNS ini, seluruh tim hadir dan sudah pasti mengetahui apa yang terjadi di lapangan.

“Inikan ada tim, ada dari BKN, Pemprov dan Pemkab serta Pemkot, kemudian dari inspektorat. Kita menunggu bagaiaman kebijakan pusat untuk memenuhi kuota. Dari tes sebelumnya, untuk Tanjab Barat, hanya sekitar 20 orang yang lulus.

Sementara kuota ada lebih dari 200. Nanti akan kita lihat, apakah akan diranking atau bagaimana. Kita berharap tidak ada ujian ulang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husairi mengatakan tes SKD untuk lingkup Pemprov Jambi berlangsung dari tanggal 3-6 November.

Dia mengatakan, setiap hari akan ada lima sesi. Masing-masing sesi diikuti oleh 340 orang. Kemungkinan, sesi terakhir tes SKD Pemprov Jambi adalah pada 6 November siang.

“Kami Pemprov pelaksanaannya selama 3-5 hari,”tandasnya. Sementara itu, untuk di Kabupaten Tebo sendiri pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS Tebo dengan system CAT sudah berjalan empat hari atau sejak Kamis 1 November 2018 kemarin.

Hingga Minggu kemarin, tercatat sudah 950 perserta yang mengikuti tes CAT di Kantor BKPSDM Tebo dari jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi sebanyak 3.770 orang peserta.

Data yang dihimpun dari panitia seleksi tes CPNS, sejauh ini sebanyak 17 peserta dinyatakan lulus seleksi adminitrasi tidak hadir saat tes CAT tanpa keterangan. Itu artinya, 17 peserta tersebut secara otomatis gugur dalam seleksi CPNS.

Sekretaris BKPSDM Tebo, Suwarto mengatakan, jumlah 17 orang tersebut merupakan data absensi hingga Sabtu (3/11) kemarin. sedangkan untuk Minggu (4/11), pihaknya belum merekap absensi sehingga belum mengetahui apakah ada yang tidak hadir atau tidak.

"Berdasarkan rekap absensi peserta ujian hingga Sabtu kemarin, ada 17 orang yang tidak hadir mengikuti tes. Untuk yang hari Minggunya belum kita cek datanya," ujar Suwarto, Minggu (04/11) kemarin.

Disinggung dengan minimnya jumlah peserta yang lolos passing grade dan apakah nanti jika dalam satu formasi tidak ada peserta yang lulus, apakah akan dilakukan tes ulang? Suwarto mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui hal itu.

Sebab kata Suwarto, pihaknya hanya sebagai fasilitator penyelenggara tes, sedangkan keputusan itu merupakan kewenangan pusat.

"Kita tidak tau kalau soal itu, itu pusat yang menentukan. Kita lihat saja nanti seperti apa," katanya.

Suwarto menambahkan bahwa, setelah tes TKD, akan ada tes perbidang (SKB). Tes perbidang nanti akan diambil dua peserta dengan nilai tertinggi per satu fomasinya.

"Misal tiga formasi, maka yang berhak mengikuti SKB ada 9 orang, itulah nanti yang akan ikut ujian tahap selanjutnya," jelas Suwarto. Soal kendala selama pelaksanaan ujian, Suwarto mengatakan bahwa hingga pelaksanaan hari ke 4, semua berjalan lancar tanpa suatu kendala apapun.

 

 

Repoter   : Hilman

Editor      : Ansori