Optimalkan Pembelajaran Melalui Evaluasi

Selasa, 06 November 2018 - 20:51:14 | dibaca: 37 kali


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-KOTAJAMBI,-Setiap program kerja yang sudah dikerjakan selama satu bulan di SMK se-Kota Jambi diminta untuk mengevaluasi.


Program yang telah dievaluasi tersebut nantinya agar dapat dijadikan acuan untuk program bulan berikutnya.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Provinsi Jambi Sofyan saat menghadiri rapat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK beberapa waktu lalu.

"Jadi program kerja sekolah setiap bulannya berkembang," ujarnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar kepala sekolah mampu mengembangkan potensi yang dimiliki sekolah, apalagi SMK berbeda dengan SMA. Siswa mengikuti pendidikan sesuai jurusan dan pengembangan praktik lebih banyak diberikan ketimbang teori.

"Perbandingan 60 persen siswa praktik, 40 persen materi," katanya.

Lebih lanjut Sofyan mengatakan, kepala sekolah dapat merancang kegiatan, dan tenaga pengajar harus meningkatkan kemampuan SDM, sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas kemampuan siswa.

"Minimal peserta didik dapat memiliki keahlian yang dapat dikembangkan," bebernya.

Kemudian sekolah tidak dapat bekerja secara sendiri untuk mengembangkan sekolah. Perlu koordinasi dan kerja sama dengan sekolah lain, baik yang memiliki keahlian yang sama maupun yang berkaitan.

"Makanya ada forum MKKS untuk menyampaikan keluhan yang dihadapi sekolah," pungkasnya.

 

 

Reporter   : Hilman

Editor       : Ansori