HMP adakan Olimpiade Biologi Tingkat SMA dan MA SeProvinsi Jambi

Kamis, 08 November 2018 - 20:26:26 | dibaca: 181 kali


Pemenang Lomba Olimpiade
Pemenang Lomba Olimpiade /

radarjambi.co.id-JAMBI-Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) T.BIO mengadakan kemilau biologi (olimpiade biologi) tingkat SMA/MA sepropinsi Jambi pada Selasa-Rabu (06/07/08) kemarin.


Olimpiade ini mengangkat tema ''menjadikan generasi bangsa yang cerdas,berakhlakul karimah serta berkompetensi dalam dunia sains''

Jumlah peserta yang ikut dalam olimpiade ini berjumlah 169 peserta dari 34 sekolah berasal dari 7 kabupaten yang terdapat di Propinsi Jambi.

Olimpiade ini terdapat tiga babak yaitu babak penyisihan, semi final dan final.

Nur mursidawati mengatakan olimpiade tahun ini merupakan olimpiade dengan jumlah terbanyak dari olimpiade yang diadakan di tadris biologi dan dalam kegiatan ini di support oleh pihak internal dan pihak eksternal.

Pihak internal yaitu keluarga besar UIN Jambi dan pihak eksternal yaitu RM Pagi Sore, SKK Migas, CV Romi Tour and Travel, Telkom Indonesia , Indihome , D'Tones Afgan, Keep Burger.

Serta sponsorship pada kegiatan ini dan media partner Harian Jambi Star dan on line Radarjambi.co.id.

Rangkaian acara di mulai pada Selasa seluruh peserta melakukan babak penyisihan pilihan ganda.

Dan dari babak penyisihan tersebut diambil 30 besar untuk melakukan tes uraian dan dari 30 besar tersebut diambil 15 besar untuk mengikuti semifinal praktikum pada Rabu.

Dan yang tidak lulus pada babak penyisihan akan mengikuti ice breaking dan akan di ambil 1 pemenang.

Pada Rabu 15 peserta melakukan praktikum mandiri setelah melakukan praktikum mandiri dilanjutkan pengumuman lima besar untuk melakukan final tanya jawab.

Adapun juri pada kegiatan olimpiade ini yaitu
Try Susanti
Reny Safita,
Dwi Gusfarenie
Suraida M. Si
Bayu Kurniawan.

Keluar sebagai pemenang olimpiade : Juara 1. Ivan Santiago, SMA Unggul Sakti, Kota Jambi, Juara 2, Wahyu Wulandari SMA Islam Al-Falah Kota Jambi, juara 3 Faustine Ganiardy SMA Uungul Sakti Kota Jambi, juara 4 Galileo Gulampati MAN Insan Candikia Kota Jambi, juara 5. Angelin Gaberelia SMA Xaverius 1 Kota Jambi.

Untuk juara pada kategori lomba:

Peserta terfavorit : Galileo Gulampati MAN Insan Candukia Kota Jambi, Peraih skor

tertinggi : Galileo Gulampati MAN Insan Cendikia Kota Jambi.

Pembuat preparat terbaik adalah

Dedy Ranna SMA Pelita Raya Kota Jambi,

Ice breaking :

Isnaini Rahmawati SMA Tri Sukses Boardin School Kota Jambi.

Acara ditutup ketua prodi tadris biologi Reny Safita, dalam sambutannya Reny mengucapkan selamat pada seluruh pemenang khususnya kepada SMA UNGGUL SAKTI yang meraih juara umum pada olimpiade 2018.

''Selamata kepada semua pemenang Olimpiade kali ini,'' tukasnya.

Acara ini diselengarakan panitia yang dibentuk sendiri oleh mahasiswa.

Panitia berjumlah 39 orang yang terdiri dari semester 3 dan 5 Program studi tadris biologi dan dibantu oleh anggota himpunan mahasiswa prodi tadris biologi (HMP-T.BIO).

Ketua pelaksana Nur Mursidawati dari semester lima.

Dalam pelaksanaan olimpiade ini tidak luput dari support dan bimbingan dari bapak/ibu dosen prodi tadris biologi.

Yessi andriani (ketua HMP-T.BIO) mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang di adakan oleh himpunan mahasiswa prodi tadris biologi dan pada saat ini merupakan tahun ke 9.

''Perbedaan olimpiade ini dengan sebelumnya yaitu pada tahun ini peserta nya lebih banyak, ada kegiatan seminar bedah artikel untuk guru pembimbing dan lebih banyak sponsor yang mensupport kegiatan ini,'' ujarnya.

 

 

Reporter   : Musriah

Editor       : Ansori