Indonesia Vs Online

Minggu, 11 November 2018 - 20:49:02 | dibaca: 272 kali


Firdoza, Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi
Firdoza, Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi /

SEIRING perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, dunia Smartphone saat ini sudah sangat berkembang pesat dengan menawarkan beberapa fasilitas dan kecanggihan untuk para konsumennya. Ini membuat konsumennya tidak hanya kalangan remaja saja namun mulai merambah ke kalangan anak-anak atau pelajar. Salah satu dampak besar yakni munculnya fitur canggih game online.


Game online mulai berkembang di Indonesia yakni pada tahun 2001. Pada saat itu game online masih dimainkan melalui komputer dengan menyediakan lebih dari 20 judul game online yang telah beredar di Indonesia. Pada tahun 2015 game online sudah merambah ke pengguna Smartphone yang bersistem operasi android.

Saat ini pemain game online sudah cukup banyak, bahkan sudah dikatakan mayoritas. Bermain game online memang sangat menyenangkan dan membuat kecanduan bagi pemain sehingga siapapun yang bermain game online sering lupa akan waktu dan membuat pekerjaan yang lebih penting tertinggalkan.

Pada saat bermain game online para pemain tidak menyadari dampak dan pengaruh dari bermain game online tersebut. Mereka hanya tau kesenangan di saat bermain saja, padahal dampak dan pengaruh dari game online sangatlah banyak seperti:

1. Kecanduan di dalam bermain, karena adanya sistem menang-kalah yang membuat mereka terpacu untuk mengulang kembali bermain.

2. Terbuangnya banyak waktu, pada saat mencapai titik kecanduan bermain game online kita tidak ingat akan hal yang lebih penting seperti belajar, makan, dan beribadah.

3. Kesehatan bisa menurun, pada saat bermain game kita juga akan lupa akan waktu tidur sehingga bisa mengidap imsonia dan membuat kekurangan darah.

4. Kesehatan mata menurun, karena terlalu lama melihat layar ponsel dan komputer cahaya yang dihasilkan dari monitor tersebut bisa membuat mata menjadi rabun.

Dari dampak diatas jelas bahwa game online bisa membawa banyak hal-hal negatif dikehidupan sehari-hari. Dalam permasalahan ini nampak bahwa game online merupakan salah satu contoh dari dampak negatif perkembangan teknologi. Meski teknologi memiliki dampak negatif bukan berarti teknologi menyesatkan. Teknologi juga banyak mempunyai dampak positif seperti mempermudahkan kita dalam berkomunikasi dan mempemudah sumber belajar. Jadi marilah kita gunakan sisi positif dari teknologi.

(Firdoza, Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra FKIP Universitas Jambi)