Masyarakat Dirikan Musium Benda Kuno

Selasa, 13 November 2018 - 20:15:24


Benda Kuno yang Terdapat Dimuseum
Benda Kuno yang Terdapat Dimuseum /

radarjambi.co.id - MUARASABAK - Musium mini benda kuno menjadi salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Desa Air Hitam Laut Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjabtim provinsi Jambi.


Dimusium yang berkedudukan didirikan masyarakat ini terdapat beragam benda kuno yang memiliki cerita sejarah.


Selain tersimpan rapi di Musium yang dibuat oleh tokoh masyarakat sekaligus toko agama KH As’ad Arsyad Masyarakat Air Hitam Laut yang juga pengasuh pimpinan Pondok Pesantren Wali Peetu benda benda kuno tersebut juga masih banyak tersimpan di rumah rumah warga dengan berbagai jenis.

KH As'ad Arsyad mengatakan, banyak Benda Kuno ini memiliki nilai sejarah dan berhubungan dengan jejak sejarah masa lampau khususnya di Provinsi Jambi Selain Guci kuno di Musium Mini tersebut juga terdapat cawan keramik kuno peninggalan sejarah pada tahun 900an atau Dinasti Song.

"Selain itu juga ada barang antik seperti mortir yang diduga peninggalan sejarah perang dunia kedua Berbagai jenis parang dan keris serta tapak kuda,'' tegasnya.

Abi Thalib Pengelola museum mini berada dilokasi mengatakan jumlah benda kuno yang disimpan di Musium Mini Air Hitam Laut tidak begitu banyak Masih ada ratusan benda kuno yang memiliki nilai sejarah tersimpan di rumah warga setempat.


Mayoritas warga Desa Air Hitam Laut menyimpan benda kuno Masyarakat memilih menyimpan sendiri dengan alasan keamanan dan menjaga barang tersebut tetap baik dan terawat.
Dibuatnya musium mini di Desa Air Hitam Laut secara swadaya demi untuk melindungi benda kuno agar tidak terjual oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Benda Kuno yang ada banyak ditemukan warga dengan cara tidak sengaja Barang tersebut ditemukan warga saat pergi ke Laut masuk dalam jaring ikan.

Ada juga warga yang menemukannya disekitar saat pekerangan rumah saat menggali pondasi rumah.

 

 

Reporter : Gunawan

Editor     : Ansori