Tiga Daerah Siaga Darurat Banjir

Selasa, 13 November 2018 - 20:24:51


Rumah Warga yang Terkena Banjir
Rumah Warga yang Terkena Banjir /

radarjambi.co.id - JAMBI - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah mengatakan tiga daerah di Jambi saat ini berstatus siaga darurat banjir.


"Tiga daerah yakni Kabupaten Bungo, Kerinci dan Kota Sungaipenuh sudah menaikan status siaga darurat banjir," kata Kepala BPBD, Selasa (13/11).

Bachyuni Deliansyah menjelaskan, berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan November dan Desember sangat tinggi. Sebab itu semua daerah di Jambi khususnya di sepanjang aliran Sungai Batanghari rawan terdampak banjir.

"Saat ini kondisi hujan bukan dari ringgan ke sedang tapi dari sedang ke lebat. Namun antisipasi baik personil dan peralatan kita siap," katanya.

Di masing-masing daerah kata Bachyuni, telah didirikan posko dengan personil serta peralatan untuk penanganan jika sewaktu-waktu terjadi banjir.

Namun untuk tiga daerah yang berstatus siaga darurat banjir, Bachyuni mengatakan pihaknya belum mendapat laporan berapa banyak rumah warga yang terdampak banjir akibat luapan anak-anak sungai yang disebabkan tingginya intensitas hujan tersebut.

"Semua personil sudah dilatih untuk penanganan banjir. Seperti proses evakuasi dan menghibur masyarakat yang terdampak banjir," katanya menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan Provinsi Jambi masih kekurangan logistik untuk membantu warga yang terdampak banjir.

"Bantuan logistik khususnya beras dan makanan siap saji yang ada di Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi hanya cukup untuk 1-2 kabupaten saja," katanya usai meninjau kesiapan logistik di Dinas Sosial dan BPBD.

Sebab itu kata Dianto, Pemprov Jambi hari ini juga mengirim surat ke Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyatakan bahwa di Jambi ada kabupaten/kota yang terdampak banjir dan memerlukan bantuan.

Dianto juga mengatakan, pergerakan air luapan Sungai Batanghari bisa diprediksi. Jika di daerah bagian hulu sungai mengalami banjir maka daerah hilir khususnya di Kota Jambi ikut banjir dalam tiga hari kemudian.

Terkait penanganan, Dianto memastikan personil BPBD dan Dinas Sosial provinsi dan kabupaten/kota telah siap dan terlatih seperti dalam upaya evakuasi warga jika sewaktu-waktu terjadi banjir.

 

 

Reporter : E Haryanto

Editor     : Ansori